NICEPAY API
...
E-Wallet - Advance API
DANA Recurring - E-Wallet API Advance
8 min

API DANA Recurring Flow
Deskripsi langkah:
- Pelanggan mengajukan checkout pada halaman Merchant dan Post-Form API kepada Merchant untuk memulai Recurring Issue.
- Merchant mengajukan Post-Form API kepada NICEPAY.
- NICEPAY mengarahkan Pelanggan menuju halaman OAuth DANA.
- Pelanggan melakukan konfirmasi OAuth kepada DANA.
- DANA mengirimkan perjanjian pengguna (user agreement) kepada NICEPAY.
- NICEPAY mengajukan pembayaran pertama kepada DANA.
- DANA mengirimkan response pembayaran pertama kepada NICEPAY.
- DANA mengarahkan Pelanggan ke halaman DANA untuk melakukan recurring (subscription).
- Pelanggan melakukan konfirmasi recurring (subscription) kepada DANA.
- DANA mengirimkan callback pembayaran pertama kepada NICEPAY.
- NICEPAY menerima callback pembayaran pertama.
- NICEPAY mengirimkan callback pembayaran pertama kepada Merchant.
- DANA mengirimkan push notification kepada NICEPAY.
- NICEPAY menerima push notification.
- NICEPAY mengirimkan callback push notification kepada Merchant.
- DANA mengirimkan push notification kepada NICEPAY pada fase Recurring Payment.
- NICEPAY mengirimkan push notification (dengan tXid yang berbeda dan referenceNo yang sama dari Recurring Issue) kepada Merchant.
- Apabila Merchant mengajukan Cancel/Remove Recurring kepada NICEPAY, maka:
- Pada proses Cancel Transaction, NICEPAY mengajukan pembatalan transaksi kepada DANA menggunakan value cancelType; 1 pembatalan secara penuh (Full Cancellation) atau 2 pembatalan sebagian (Partial Cancellation).
- Pada proses Remove Recurring, NICEPAY mengajukan penghapusan recurring kepada DANA menggunakan value cancelType; 3 Remove Subscription / Stop Recurring dan tXid pada saat pembayaran pertama.
- DANA mengirimkan response data kepada NICEPAY.
- NICEPAY mengirimkan response data kepada Merchant.
- Merchant mengajukan pengecekan status transaksi menggunakan Check Status API kepada NICEPAY.
- NICEPAY mengirimkan response pengecekan status transaksi kepada Merchant.
- Merchant menerima status akhir transaksi.
- Merchant mengirimkan konfirmasi status transaksi kepada Pelanggan.
Catatan untuk fase Recurring Issue:

Login DANA Account
2. Pengguna melakukan autentikasi dengan memasukkan PIN untuk menyetujui akses binding pada akun DANA.

DANA Recurring Access Binding Authentication

DANA Recurring Subscription Detail

DANA First Payment with Recurring Issue Confirmation

Status Payment Result on DANA Page

Status Payment Result on NICEPAY Payment Page
Updated 26 Jun 2025
Did this page help you?