Payment
Kartu Kredit
Dispute & Chargeback
6min
overview dispute atau sanggahan adalah {{proses}} penyanggahan {{yang}} dilakukan oleh pemegang kartu kepada {{merchant}} atas {{transaksi}} {{yang}} mungkin tidak dilakukan oleh pemegang kartu proses ini dapat dilakukan setelah {{transaksi}} berhasil proses sanggahan terjadi karena adanya indikasi penipuan, {{pelanggan}} melaporkan ada barang {{yang}} rusak atau tidak sesuai dan lain lain sementara, chargeback adalah sejumlah dana {{yang}} disanggah oleh {{pelanggan}} dan akan dikembalikan oleh {{merchant}} di mana sanggahannya sudah terbukti valid oleh {{bank}} ataupun {{merchant}} sudah menyetujui sanggahan tersebut dari pelanggannya dalam hal ini, {{nicepay}} menjadi perantara antara {{bank}} dan {{merchant}} untuk berkomunikasi selama {{proses}} dispute berlangsung apabila {{merchant}} ingin menolak sanggahan dari {{pelanggan}} , {{nicepay}} akan meminta bukti transaksinya kepada {{merchant}} dan {{merchant}} juga harus memberikan dokumen yang dibutuhkan dalam tenggat waktu tertentu isi dokumen tersebut antara lain {{informasi}} nama pemegang kartu, rincian alamat tujuan, rincian billing statement , barang {{yang}} melalui {{proses}} {{transaksi}} , dan nomor resi tenggat waktu sanggahan dapat berbeda tergantung dari {{bank}} acquiring {{yang}} digunakan proses dispute pihak penyanggah mengajukan sanggahan kepada {{bank}} issuing {{bank}} issuing melaporkan sanggahan kepada principal principal melaporkan sanggahan kepada {{bank}} acquiring {{bank}} acquiring meminta bukti {{transaksi}} kepada {{nicepay}} {{nicepay}} menerima laporan dari {{bank}} acquiring {{nicepay}} meminta bukti {{transaksi}} kepada {{merchant}} {{merchant}} memberikan dokumen pendukung berupa bukti {{transaksi}} kepada {{nicepay}} jika pihak penyanggah masih keberatan dengan bukti {{yang}} diberikan {{nicepay}} meminta rincian {{transaksi}} kepada {{merchant}} sebagai tambahan dokumen pendukung {{nicepay}} mengirimkan bukti {{yang}} berhasil dikumpulkan menjadi second presentment kepada {{bank}} acquiring {{bank}} menerima bukti {{yang}} berhasil dikumpulkan oleh {{nicepay}} jika pihak penyanggah mengakui bukti {{transaksi}} , maka {{proses}} penyanggahan akan berakhir jika {{merchant}} mengakui sanggahan, maka {{merchant}} akan mengizinkan {{bank}} untuk melakukan chargeback {{yang}} dana tersebut akan dikembalikan kepada penyanggah jika pihak {{merchant}} tetap menolak bukti {{transaksi}} , maka akan lanjut ke {{proses}} arbitrasi pihak penyanggah mengajukan sanggahan kepada {{bank}} issuing {{bank}} issuing melaporkan sanggahan kepada principal principal melaporkan sanggahan kepada {{bank}} acquiring {{bank}} acquiring meminta bukti {{transaksi}} kepada {{nicepay}} {{nicepay}} menerima laporan dari {{bank}} acquiring {{nicepay}} meminta bukti {{transaksi}} kepada {{merchant}} {{merchant}} memberikan dokumen pendukung berupa bukti {{transaksi}} kepada {{nicepay}} jika pihak penyanggah masih keberatan dengan bukti {{yang}} diberikan {{nicepay}} meminta rincian {{transaksi}} kepada {{merchant}} sebagai tambahan dokumen pendukung {{merchant}} mengirimkan bukti {{yang}} berhasil dikumpulkan menjadi second presentment kepada {{bank}} acquiring {{bank}} menerima bukti {{yang}} berhasil dikumpulkan oleh {{nicepay}} jika pihak penyanggah mengakui bukti {{transaksi}} , maka {{proses}} penyanggahan akan berakhir jika {{merchant}} mengakui sanggahan, maka {{merchant}} akan mengizinkan {{bank}} untuk melakukan chargeback {{yang}} dana tersebut akan dikembalikan kepada penyanggah jika pihak {{merchant}} tetap menolak bukti {{transaksi}} , maka akan lanjut ke {{proses}} arbitrasi proses arbitrasi adalah {{proses}} {{yang}} dilakukan jika pihak penyanggah dan {{merchant}} tidak mencapai kesepakatan dalam {{proses}} dispute jika {{merchant}} kalah saat pengajuan banding, maka {{merchant}} harus mengembalikan dana (chargeback) dan membayar associated fee setelah {{proses}} arbitrasi berakhir jika pihak penyanggah kalah saat pengajuan banding, maka tidak akan terjadi {{proses}} chargeback jika pihak penyanggah menang saat pengajuan banding, maka {{merchant}} akan melakukan chargeback dan membayar associated fee associated fee adalah biaya {{yang}} dibebankan dari nominal suatu {{transaksi}} dan harus dibayar oleh {{merchant}} setelah {{proses}} arbitrasi berakhir pada kondisi tertentu see also {{kunjungi}} {{halaman}} penyelesaian transaksi pada kartu kredit docid 4rclehp5ghd71y aarfnq untuk mengetahui macam macam cara menyelesaikan {{transaksi}} pada {{kartukredit}} {{kunjungi}} {{halaman}} faq kartu kredit docid\ k9fux2 dg ncudyi38ugf jika ingin mengetahui pertanyaan {{yang}} sering diajukan terkait {{kartukredit}}