NICEPAY API

FAQ NICEPAY API

16min

General



Apa yang dimaksud dengan callback URL?

Callback URL adalah sebuah URL pengalihan yang dimiliki oleh Merchant, NICEPAY akan mengalihkan pengguna menuju callbackUrl dan melewati beberapa parameter setelah proses pembayaran sukses/gagal.



Apa yang dimaksud dengan dbprocess URL?

dbprocess URL adalah sebuah URL yang dimiliki oleh Merchant (webhook) untuk menerima dan memproses notifikasi dari server NICEPAY.



Apakah Merchant dapat mengecek status pembayaran?

Ya, NICEPAY menyediakan API Status Inquiry untuk memeriksa status pembayaran.

Silakan memeriksa halaman pada daftar berikut untuk informasi lebih lanjut.



Apa perbedaan Checkout API dan Payment API?

Checkout API adalah API yang memiliki fitur payment page, sehingga memudahkan Merchant dalam melakukan integrasi sistem pembayaran dengan NICEPAY.

Payment API adalah API yang memberikan kuasa kepada Merchant untuk membuat payment page sendiri, sehingga Merchant dapat melakukan custom payment page.



Apakah para merchant dapat menggunakan Merchant ID dan Merchant Key yang sudah disediakan untuk melakukan uji coba pada Live Environment?

Ya, Merchant ID dan Merchant Key yang disediakan oleh NICEPAY dapat digunakan untuk melakukan uji coba pada Live Environment.



Apa yang harus dilakukan oleh Merchant jika pembayaran Pelanggan telah ditolak?

  1. Merchant dapat memeriksa nomor Virtual Account, waktu kedaluwarsa pembayaran dan nominal pembayaran.
  2. Merchant membandingkan informasi tersebut dengan bukti pembayaran (Invoice).
    • Jika hasil perbandingan sesuai dan pembayaran dibatalkan, maka tolong gunakan layanan pembayaran lain. Contoh: Pelanggan awalnya melakukan pembayaran dengan menggunakan ATM, kemudian ditolak. Maka, Pelanggan harus menggunakan pilihan layanan pembayaran lain, seperti Mobile Banking. Jika pembayaran masih gagal, harap menghubungi Customer Service NICEPAY.



Apa yang harus dilakukan jika Pelanggan sudah berhasil membayar sebuah transaksi tetapi belum menerima e-mail konfirmasi? (khusus Merchant yang menerima e-mail konfirmasi)

Umumnya, Pelanggan akan menerima sebuah e-mail konfirmasi dalam jangka waktu maksimal 5 menit. Jika Pelanggan tidak menerima e-mail konfirmasi apapun dalam jangka waktu 5 menit, mohon kirimkan sebuah e-mail kepada Customer Service beserta dengan bukti pembayaran.



Mengapa Merchant tidak mendapatkan push notification?

  • Merchant memberikan response yang tidak sesuai seperti 404 (URL Not Found), 500 (Internal Server Error), atau 403 (Forbidden).
  • Tidak memasukkan value atau memasukkan value yang tidak tepat pada parameter dbProcessUrl
  • Server Merchant tidak dapat di-hit karena firewall di sisi Merchant .



API SNAP BI



Apakah proses pembuatan signature sama dengan yang dijelaskan di ASPI? Yakni menggunakan symetric key?

Silakan mengunjungi halaman SNAP API Testing untuk informasi lebih lanjut.



Bagaimana cara menyerahkan Public Key dari Merchant kepada tim NICEPAY?

ℹ️ Merchant dapat menyerahkan public key terkait melalui e-mail kepada tim IT NICEPAY terkait.



Dimana kredensial seperti client ID, client secret / symetric key dan merchant key bisa dilihat di Merchant Management System?

Saat ini, informasi terkait tidak dapat dilihat pada portal tersebut, melainkan dikirimkan melalui e-mail oleh tim NICEPAY.



Bagaimana cara meminta tambahan akses Merchant Management System NICEPAY?

ℹ️ Silakan menghubungi NICEPAY Customer Service untuk informasi lebih lanjut.




Updated 02 Oct 2024
Did this page help you?
Yes
No