Payment
Payloan

FAQ Payloan

14min

Apa perbedaan antara Payloan dan Paylater?

Payloan adalah pinjaman uang yang diberikan oleh Bank atau lembaga finansial lain dengan jangka waktu dan bunga.

Paylater adalah cara pembayaran nanti atau cicilan untuk membeli barang atau jasa yang terkait dengan Kartu Kredit atau aplikasi digital.



Bagaimana jika ingin bertransaksi dengan Payloan tetapi tidak memiliki akun pada Mitra Payloan yang bekerja sama dengan NICEPAY?

Pelanggan harus membuat akun terlebih dahulu pada aplikasi milik Mitra Payloan yang akan digunakan. Karena setelah melakukan proses checkout, Pelanggan akan diarahkan menuju aplikasi Mitra Payloan untuk menyelesaikan transaksi.



Bagaimana jika tidak memiliki limit yang cukup untuk melakukan transaksi dengan Mitra Payloan?

  • Jika memiliki tagihan, maka Pelanggan harus melunasi tagihan sebelumnya pada Mitra Payloan terlebih dahulu agar dapat kembali bertransaksi dengan limit yang cukup.
  • Jika tidak memiliki tagihan, maka Pelanggan harus mengajukan limit tambahan kepada Mitra Payloan terkait sebelum melakukan transaksi.


Mengapa transaksi menggunakan Payloan dapat gagal?

  1. Limit Payloan tidak mencukupi untuk menyelesaikan transaksi.
  2. Sinyal provider terputus saat sedang melakukan transaksi.
  3. Tidak didukung oleh jaringan Issuer
  4. Transaksi ditolak dari Mitra Payloan.


Bagaimana cara Merchant mengecek transaksi yang sudah berhasil dibayarkan dengan Payloan?

Merchant dapat melihat riwayat transaksi dalam jangka waktu tertentu melalui Merchant Back Office pada:



Apakah pembayaran dengan Payloan terdapat proses refund pada Merchant Back Office?

Merchant Back Office NICEPAY tidak menyediakan proses refund untuk pembayaran dengan Payloan. Pelanggan dapat melakukan proses refund dengan menghubungi Merchant atau Mitra terkait untuk melakukan proses refund.



Mengapa Pelanggan belum menerima refund?

Waktu layanan refund NICEPAY mengikuti waktu layanan yang sudah ditentukan oleh Mitra (Penyelesaian Transaksi Pada Payloan). Apabila Pelanggan masih belum menerima refund setelah melewati ketentuan waktu, silakan hubungi Mitra terkait.



Mengapa proses refund dapat gagal?

  • Pengajuan refund ditolak oleh Mitra.
  • Pengajuan refund tidak sesuai dengan ketentuan Merchant.


Apa yang dimaksud dengan Settlement?

Settlement adalah proses pembukuan suatu transaksi & pemindahan dana transaksi dari lembaga finansial (Bank atau NICEPAY) ke suatu individu atau perusahaan yang dalam kasus ini akan di sebut sebagai Merchant.

Silakan kunjungi halaman Proses Settlement untuk informasi lebih lanjut.



Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses Settlement Payloan?

Silakan kunjungi halaman Proses Settlement untuk informasi lebih lanjut.



Bagaimana cara melakukan cancel untuk metode pembayaran Payloan?

  • Untuk Mitra Akulaku dapat menggunakan API Cancel NICEPAY.
  • Untuk Mitra Kredivo dan Indodana dapat melakukan cancel via dashboard Mitra.


Apakah transaksi Payloan bisa dibuat expired?

Bisa, menggunakan parameter payValidDt dan payValidTm.

Updated 05 Apr 2024
Did this page help you?
Yes
No