Bagaimana cara bergabung atau bekerja sama dengan NICEPAY?
Anda dapat berkomunikasi langsung melalui e-mail dengan tim Bisnis Support kami melalui Marketing NICEPAY.
Silakan berikan informasi singkat mengenai data pribadi dan konsep bisnis tersebut, nantinya tim NICEPAY akan menghubungi secara langsung untuk menindaklanjuti.
1Anda dapat berkomunikasi langsung melalui e-mail dengan tim Bisnis Support kami melalui <astyle="color:blue;text-decoration-line:underline"href="mailto:marketing@nicepay.co.id">Marketing NICEPAY</a>.
23Silakan berikan informasi singkat mengenai data pribadi dan konsep bisnis tersebut, nantinya tim NICEPAY akan menghubungi secara langsung untuk menindaklanjuti.
Bagaimana cara dan berkomunikasi dengan NICEPAY?
Ada beberapa cara untuk menghubungi Customer Service kami, namun metode yang disarankan adalah mengirim e-mail melalui tim Customer Service kami: NICEPAY Customer Service yang akan menempatkan permintaan Anda langsung ke antrian dan akan di respon dalam waktu 1x24 jam.
Customer Service NICEPAY beroperasi setiap hari, Senin-Minggu pukul 00:00-24:00 WIB termasuk hari libur nasional. NICEPAY juga melayani penanganan melalui telepon langsung dengan nomor: 021-28542410.
1Ada beberapa cara untuk menghubungi Customer Service kami, namun metode yang disarankan adalah mengirim e-mail melalui tim Customer Service kami: <astyle="color:blue;text-decoration-line:underline"href="mailto:cs@nicepay.co.id">NICEPAY Customer Service</a> yang akan menempatkan permintaan Anda langsung ke antrian dan akan di respon dalam waktu 1x24 jam.
23Customer Service NICEPAY beroperasi setiap hari, Senin-Minggu pukul 00:00-24:00 WIB termasuk hari libur nasional. NICEPAY juga melayani penanganan melalui telepon langsung dengan nomor: 021-28542410.
Jenis kategori bisnis apa saja yang dapat menggunakan jasa pembayaran NICEPAY?
Pada prinsipnya, semua jenis kategori dapat menggunakan NICEPAY selama tidak dilarang oleh Undang–undang yang berlaku, Regulator, Bank, atau Principal (contoh: Visa dan Mastercard, Bank Indonesia, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan lain-lain). Kami mengikuti standar yang ditetapkan oleh pihak-pihak tersebut demi kenyaman bisnis dan transaksiAnda dengan pihak PelangganAnda.
Apakah kelebihan NICEPAY dengan jasa pembayaran yang lain?
Selain fitur lengkap dan biaya yang bersahabat, kami sangat berkomitmen untuk mengutamakan pelayanan yang dapat diandalkan, ramah, dan siap melayani kebutuhan Pelanggan dengan memberikan response dan informasiyang cepat. Kami juga memiliki perwakilan staf IT, Bisnis, dan Operasional yang ditugaskan kepada masing-masing Merchant secara eksklusif untuk dapat berkomunikasi apabila ada kendala, permintaan, atau hal lain, sehingga memudahkan proses operasional Merchant.
Dalam hal keamanan bertransaksi , NICEPAY juga memiliki sistem dan tim khusus untuk mendeteksi potensi kecurangan yang dapat mengurangi potensi kerugian pada bisnis Anda. Nikmati pengalaman terbaik menggunakan jasa pembayaranNICEPAY.
Skala bisnis saya masih kecil dan belum ada legalitas perusahaan (PT), apakah tetap bisa bekerja sama dengan NICEPAY?
Tentu bisa, kami menyediakan fasilitas kerja sama secara Aggregator, yaitu pendaftaran Merchant akan didaftarkan ke Bank melalui perantara kami, sehingga prosesSettlement/pengiriman dana akan dibayarkan melalui NICEPAY ke Merchant setelah Bank melakukan Settlement/pembayaran.
Untuk tipe kerja sama ini, kami hanya membutuhkan beberapa dokumen dan verifikasi lebih lanjut untuk membantu Merchant mulai menerima pembayaran online.
Sebagai Merchant, kami belum mempunyai situs/aplikasi pribadi untuk Pelanggan bertransaksi atau memesan barang. Apakah tetap dapat menggunakan jasa pembayaran NICEPAY?
Bisa, melalui layanan Payment Link, NICEPAY menyediakan fitur transaksi pembayaran untuk memudahkan Pelanggan bertransaksi online tanpa membutuhkan halaman website dan checkout. Untuk informasi perihal layanan ini, silakan menghubungi tim NICEPAY melalui e-mail: Marketing NICEPAY.
1Bisa, melalui layanan Payment Link, NICEPAY menyediakan fitur transaksi pembayaran untuk memudahkan Pelanggan bertransaksi online tanpa membutuhkan halaman website dan checkout. Untuk informasi perihal layanan ini, silakan menghubungi tim NICEPAY melalui e-mail: <astyle="color:blue;text-decoration-line:underline"href="mailto:marketing@nicepay.co.id">Marketing NICEPAY</a>.
Bisnis saya berada di luar Jakarta atau di luar pulau Jawa, apakah bisa bergabung dengan NICEPAY?
Kami telah membantu banyak Merchant di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Cakupan bisnis kami tidak hanya terpusat di Jakarta atau pulau Jawa. Silakan hubungi tim Marketing kami untuk informasi lebih lanjut.
Berapa lamakah proses pengajuan dari awal sampai Merchant dapat bertransaksi?
Semua tergantung kelengkapan dokumen yang diberikan. Pada umumnya, proses memakan waktu 14 (empat belas) sampai 30 (tiga puluh) hari kerja dari mulai pengajuan, integrasi, dan testing sampai Pelanggan dapat bertransaksi di Merchant.
Jenis service atau pembayaran apa saja yang dapat digunakan dalam bekerja sama dengan NICEPAY?
Kartu Kredit (Visa, Mastercard, JCB, AMEX, Union Pay).
Virtual Account (ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, dan Teller Bank seluruh Indonesia).
Payment Link (Pembayaran tanpa perlu integrasi, cocok bagi Merchantyang tidak mempunyai website atau platform).
Convenience Store (Alfamart & Indomart, tersedia pada lebih dari 20.000 gerai).
Direct Debit (Jenius)
E-Wallet (OVO, DANA, Shopeepay, LinkAja)
Payloan (Akulaku, Kredivo, Indodana)
Disbursement (Pengiriman uang ke banyak rekening tujuan dalam waktu bersamaan dengan mudah karena menggunakan API).
QRIS (Scanning kode QR)
GPN (Kartu yang sudah terdaftar pada sistem GPN)
Settlement, Tagihan, Reversal dan Refund
Siapa yang akan mengirimkan dana penyelesaian (Settlement) kepada Merchant?
MerchantAggregator akan menerima dana penyesaian dari NICEPAY sedangkan MerchantFasilitator akan menerima dana penyelesaian dari Bank atau Mitrapembayaran.
Bagaimana cara penyelesaian dana (Settlement) antara NICEPAY dan Merchant?
Jika Settlement modelyang digunakan Merchant adalah tipe Fasilitator, maka dana transaksi akan langsung masuk ke rekening Bank yang dimiliki Merchant setelah transaksi sukses dibayarkan. NICEPAY pun akan menagihkan fee transaksi(dan PPn) kepada Merchant termasuk pemotongan dana penyelesaian lainnya (jika ada) yang dikirim oleh NICEPAY kepada Merchant.
Jika Settlement modelyang digunakan Merchant adalah tipe Aggregator, maka NICEPAY akan mewakili Merchant dalam prosesSettlement.Dana penyelesaian transaksi pun akan diterima oleh Merchant dari NICEPAY dan sudah dipotong fee (dan PPn) oleh NICEPAY dan dana tersebut sudah menjadi hak Merchant sepenuhnya untuk digunakan.
Bagaimana cara memeriksa tagihan dari NICEPAY atas transaksi mana saja?
Masuk ke Back OfficeNICEPAY.
PilihmenuSettlement.
PilihSettlement Report.
PilihData Type, yaitu Settlement Datadan Date, yaitu satu bulan dari tanggal satu sampai akhir bulan.
KliktombolExcel Detail.
FileExcel akan terunduh berisi rincian transaksiyang dipotong fee (dan PPn).
Bagaimana cara memeriksa rincian transaksi atas dana penyelesaian yang diterima hari ini dari NICEPAY?
Masuk ke Back OfficeNICEPAY.
PilihmenuSettlement.
PilihSettlement Report.
PilihData Type, yaitu Settlement Data dan Date, yaitu hari ini.
KliktombolExcel Detail.
FileExcel akan terunduh berisi rincian transaksiyang dipotong fee (dan PPn).
Kapan akan diterima dana penyelesaian dari NICEPAY atas transaksi yang terjadi hari ini?
Pengiriman dana penyelesaian tergantung pada metode pembayaran. Biasanya dilaksanakan dalam hari kerja.
Untuk informasi lebih rinci dapat masuk ke Back OfficeNICEPAY.
PilihmenuProfile.
PilihMerchant Data.
Klik jendela Service Info dan pilih metode pembayarannya, misalnya VA.
Cari kolom Settlement Period. Informasi pada kolom Settlement Period itu adalah berapa lama dana penyelesaian akan dikirimkan.
Bank apa saja yang bisa digunakan untuk menerima dana penyelesaian dari NICEPAY?
Semua Bank bisa digunakan. NICEPAY membebaskan biaya kirim dana penyelesaian jika Bankyang dipilih, yaitu:
Di luar Bank tersebut akan dikenakan biaya per transfer sebesar IDR 5.000 untuk SKN (di bawah IDR 500 juta) atau IDR 30.000 untuk RTGS (di atas IDR 500 juta).
Mengapa bisa terjadi Reversal pembayaran?
Reversal pembayaran biasanya terjadi pada {{meto}} VA (Virtual Account). Hal ini disebabkan karena berhasilnya pembayarantransaksi VA dengan kondisi seperti dibawah ini:
Nomor VA yang sudah expired
Menggunakan nomor VA yang sudah terbayar dan dibayar lagi
Nomor VA yang sudah dibatalkan untuk dibayar
Silakan segera hubungi tim NICEPAY Customer Service apabila transaksi Anda mengalami kondisi seperti diatas namun Bank tidak melakukan proses reversal.
1Silakan segera hubungi tim <astyle="color:blue;text-decoration-line:underline"href="mailto:cs@nicepay.co.id">NICEPAY Customer Service</a> apabila transaksi Anda mengalami kondisi seperti diatas namun Bank tidak melakukan proses reversal.
Bagaimana proses pengembalian dana (Refund) setelah settlement di NICEPAY?
Untuk tipe MerchantFasilitator, di mana akun Merchant secara legalitas terhubung langsung dengan Bank dan menerima dana Settlementlangsung dari Bank, maka apabila terdapat refund, pada umumnya dana akan dipotong otomatis oleh pihak Bank.
Namun untuk tipe MerchantAggregator, di mana dana SettlementMerchant akan diterima melalui NICEPAY, maka tim NICEPAY akan memberikan notifikasi untuk dilakukan pemotongan dana refund kepada Merchant sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.
Apabila jumlah tagihan refund melebihi dari jumlah dana yang akan diselesaikan (to besettled), maka tagihan refund akan diteruskan menuju siklus Settlement terdekat berikutnya. Sehingga, tidak akan ada dana Settlementyang diterima oleh Merchant sampai jumlah tagihan refund tersebut terlunasi.
Merchant juga dapat membayar tagihan refund ini dengan mekanisme top-up Payout apabila metode Payout aktif. Silahkan hubungi tim NICEPAY Customer Service untuk info lebih lanjut.
1Merchant juga dapat membayar tagihan refund ini dengan mekanisme top-up Payout apabila metode Payout aktif. Silahkan hubungi tim <astyle="color:blue;text-decoration-line:underline"href="mailto:cs@nicepay.co.id">NICEPAY Customer Service</a> untuk info lebih lanjut.
Metode Pembayaran
Proses Pengembalian Dana (Refund)
Kartu Kredit ,Direct Debit, E-Wallet ,Payloan,QRIS dan GPN
Inisiasi pengembalian dana dapat dilakukan langsung oleh Merchant melalui MerchantBack Office milik NICEPAY ataupun menggunakan API Cancel yang tersedia.
Pengembalian dana akan diproses oleh instansi terkait seperti Bank atau Mitra sehingga dana refund akan langsung diterima oleh PelangganMerchant
Virtual Account dan Convenience Store
Tidak ada prosesRefund
Berapa lama uang akan kembali ke Pelanggan setelah saya melakukan Refund?
Terdapat perbedaan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengembalian uang kepada Pelanggan setelah prosesRefund dilakukan. Waktu pengembalian dana pada prosesRefund bergantung sesuai metode pembayaranyang dipilih pada saat ber transaksi.
Metode Pembayaran
Jangka Waktu Pengembalian Dana
Kartu Kredit dan GPN
7-14 hari kerja
Direct Debit, E-Wallet, dan QRIS
1-3 hari kerja
Payloan
14-30 hari kerja
Virtual Account dan Convenience Store
Tidak ada proses Refund
Kapan pengembalian dana ditransfer ke Merchant?
Dikirim bersamaan dengan dana penyelesaian. Silakan periksa ke pertanyaan pemeriksaan rincian transaksi atas dana penyelesaian yang diterima hari ini olehNICEPAY.
Apakah terdapat biaya yang harus dibayar pada transaksi Refund atau Chargeback?
Tidak ada. NICEPAY tidak membebankan biaya tambahan pada transaksiRefund.
Keamanan & Pencegahan Penipuan
Apakah menggunakan jasa pembayaran NICEPAY aman?
NICEPAY adalah salah satu jasa pembayaranyang mempunyai standar keamanan dan sistem pencegahan penipuan terkini. Kami juga mengimplementasikan beberapa teknik deteksi pencegahan transaksiFraudyang didukung oleh FDS (Fraud Detection System) dan tim Risk Management untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi melalui NICEPAY.
Sejauh mana NICEPAY menjaga keamanan informasi Pelanggan?
Sebagai penyedia jasa pembayaran, NICEPAY telah memliki sertifikasi keamanan data informasi PCI DSS (Payment Card Industry – Data Security Standard) tingkat 1, yaitu tingkat tertinggi standar keamanan data informasiPelanggan, pemegang kartu baik Kartu Kredit, ATM, Debit, maupun e-money. Sertifikasi ini membuktikan bahwa NICEPAY berkomitmen dan patuh pada standar keamanan ekosistem pemrosesan kartu dan termasuk perangkat-perangkat di dalamnya.
Saya mengalami tindakan penipuan dari seseorang atau oknum melalui transaksi menggunakan NICEPAY, bagaimana saya melapor hal tersebut?
Apabila Anda merasa menjadi sasaran tindakan penipuan melalui perantara transaksi menggunakan NICEPAY, dimohon melaporkan transaksi tersebut melalui e-mail NICEPAY Customer Service secepatnya, dengan menyertakan:
1Apabila Anda merasa menjadi sasaran tindakan penipuan melalui perantara transaksi menggunakan NICEPAY, dimohon melaporkan transaksi tersebut melalui e-mail <astyle="color:blue;text-decoration-line:underline"href="mailto:cs@nicepay.co.id">NICEPAY Customer Service</a> secepatnya, dengan menyertakan:
Data transaksi (nama, email, alamat lokasi, jumlah transaksi, nomor telepon).
Pelaporan pengaduan kepada Bank atau instansi terkait.
Pelaporan kepolisian.
Bagaimana jika Merchant menemukan atau menerima pelaporan penipuan?
Berikut cara-cara yang mungkin dapat berguna dilakukan di sisi Merchant:
Pastikan untuk menganalisa transaksi dengan rinci dari mulai informasi pengguna, karakter pengguna, jenis barang pembelian, jenis pembayaranyang digunakan, riwayat transaksi dan lain-lain.
Apabila terdapat kemungkinan mengarah pada transaksi penipuan, blokir akun pengguna segera untuk mengindari pengulangan transaksi. Apabila masih memungkinkan dapat menahan proses pengiriman barang kepada alamat tujuan.
Masukkan ke dalam daftar hitam/blacklist, seperti: Nama Pengguna, Email ID, Nomor Kartu Kredit, ID perangkat, dan lain-lain.
Demi keamanan, jangan memberikan informasi rahasia kepada pihak luar tanpa ada perintah tertulis. Contoh: Surat kepolisian atau instansi yang berwenang.
Lakukan pembenahan teknis dan non-teknis serta menutup celah-celah yang dapat digunakan penipu sebagai sasaran tindak kejahatan.
Selalu terbuka untuk bekerja sama dengan pihak terkait, contoh: Payment Gateway (NICEPAY), Bank, regulator, dan lain-lain untuk dapat bertukar informasi umum mengenai tindakan penipuan terkini yang umumnya terjadi pada industri yang sama.
Apa yang perlu dilakukan terdapat sanggahan dari Pelanggan atau Bank (Dispute)?
Sanggahan atau yang biasa dikenal dengan Dispute adalah hal yang umum terjadi pada transaksionline menggunakan Kartu Kredit. Ini terjadi karena transaksionline dilakukan tanpa adanya kegiatan verfikasi secara fisik untuk melihat keaslian Kartu Kredit. Sehingga, Bank memberikan kesempatan untuk melakukan proses mediasi antara pemilik kartu dan pedagang (Merchant) untuk membuktikan apakah kedua belah pihak telah melakukan kegiatan jual-beli semestinya. Oleh karena itu, apabila Merchant mendapatkan laporan sanggahan, berikut langkah yang perlu dilakukan:
Memberikan rincian informasitransaksi selengkap mungkin, contoh: informasi pengguna, alamat rumah, alamat billing, rincian pengiriman barang, invoice, dan lain-lain.
Apabila perlu, dapat mengirimkan dalam bentuk file gambar untuk memperkuat dokumen.
Menyertakan TNC, disclaimer atau ketentuan-ketentuan Merchant pada Pelanggan.
Membuktikan bahwa Merchant telah menggunakan perlindungan keamanan tambahan seperti fasilitas 3Ds, OTP (One Time Password), dan lain-lain.
Apa yang terjadi jika sanggahan tersebut menjadi Chargeback dan biaya apa saja yang akan ditanggung?
Chargeback terjadi apabila pihak Principal di mana Visa atau Mastercard menyatakan seluruh dokumen yang diberikan Merchant tidak dapat mendukung sanggahan yang dilakukan oleh pemegang kartu.
Apabila terdapat Chargeback, Merchant harus membayar atau mengembalikan sejumlah transaksiyang disanggah tersebut kepada pemegang Kartu Kredit. Namun dalam hal ini, tidak ada biaya tambahan lain yang dibebankan oleh NICEPAY kepada Merchant.
Payment Link
Bagaimana cara membuat Payment Link?
Silakan mengunjungi halamanPayment Link untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Payment Link.
Asuransi Qoala
Mengapa harus membeli Asuransi Kecelakaan Diri melalui NICEPAY?
Pelanggan dapat menghemat waktu karena pembelian dilakukan bersamaan dengan transaksi, selain itu harga untuk polis produk asuransi kecelakaan diri relatif murah Rp1.000 dan perlindungan sampai dengan 30 hari.
NICEPAY dan Qoala berkomitmen untuk menyediakan inovasi baru dalam rangka meningkatkan kepuasan Pelanggan dan sebagai nilai tambah bagi para pengguna dan di sisi lain memperluas akses asuransi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Berapa waktu yang dibutuhkan untuk proses klaim pertama kali?
Proses pengajuan dan pembayaran klaim akan dilakukan dalam maksimal 30 hari kerja sejak pembelian asuransi dan diproses sejak dokumen klaim sudah lengkap.
Berapa batas waktu pengajuan atau pelaporan klaim?
Batas pengajuan atau pelaporan klaim maksimal 15 hari kerja sejak tanggal kecelakaan atau suatu kejadian.
Apa saja kondisi asuransi yang telah berakhir?
Pertanggungan dibatalkan baik oleh Qoala atau Perusahaan Asuransi maupun Pelanggan.
Tanggal dimana Pelanggan mengajukan pembatalan asuransi.
Tanggal Pelanggan meninggal dunia.
Apakah uang premi asuransi dapat di refund?
Jika Pelanggan sudah membeli premi asuransi, uang tersebut tidak dapat di refund.