Operasi Bisnis

FAQ Operasi Bisnis NICEPAY

47min

Customer Service & Umum



Bagaimana cara bergabung atau bekerja sama dengan NICEPAY?





Bagaimana cara dan berkomunikasi dengan NICEPAY?




Jenis kategori bisnis apa saja yang dapat menggunakan jasa pembayaran NICEPAY?

Pada prinsipnya, semua jenis kategori dapat menggunakan  selama tidak dilarang oleh Undang–undang yang berlaku, Regulator, , atau Principal (contoh: Visa dan Mastercard,  Indonesia, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan lain-lain). Kami mengikuti standar  ditetapkan oleh pihak-pihak tersebut demi kenyaman  dan   dengan pihak  .



Apakah kelebihan NICEPAY dengan jasa pembayaran yang lain?

Selain fitur lengkap dan biaya yang bersahabat, kami sangat berkomitmen untuk mengutamakan pelayanan  dapat diandalkan, ramah, dan siap melayani kebutuhan  dengan memberikan response dan   cepat. Kami juga memiliki perwakilan staf IT, Bisnis, dan Operasional  ditugaskan kepada masing-masing  secara eksklusif untuk dapat berkomunikasi apabila ada kendala, permintaan, atau hal lain, sehingga memudahkan  operasional .

Dalam hal keamanan ber ,  juga memiliki  dan tim khusus untuk mendeteksi potensi kecurangan  dapat mengurangi potensi kerugian pada bisnis . Nikmati pengalaman terbaik menggunakan jasa  .



Skala bisnis saya masih kecil dan belum ada legalitas perusahaan (PT), apakah tetap bisa bekerja sama dengan NICEPAY?

Tentu bisa, kami menyediakan fasilitas kerja sama secara , yaitu pendaftaran  akan didaftarkan ke  melalui perantara kami, sehingga  /pengiriman dana akan dibayarkan melalui  ke  setelah  melakukan /.

Untuk tipe kerja sama ini, kami hanya membutuhkan beberapa dokumen dan verifikasi lebih lanjut untuk membantu  mulai menerima  online.



Sebagai Merchant, kami belum mempunyai situs/aplikasi pribadi untuk Pelanggan bertransaksi atau memesan barang. Apakah tetap dapat menggunakan jasa pembayaran NICEPAY?





Bisnis saya berada di luar Jakarta atau di luar pulau Jawa, apakah bisa bergabung dengan NICEPAY?

Kami telah membantu banyak  di seluruh , bahkan dunia. Cakupan  kami tidak hanya terpusat di Jakarta atau pulau Jawa.  hubungi tim Marketing kami untuk  lebih lanjut.



Berapa lamakah proses pengajuan dari awal sampai Merchant dapat bertransaksi?

Semua tergantung kelengkapan dokumen  diberikan. Pada umumnya,  memakan waktu 14 (empat belas) sampai 30 (tiga puluh) hari kerja dari mulai pengajuan, , dan testing sampai  dapat ber di .



Jenis service atau pembayaran apa saja yang dapat digunakan dalam bekerja sama dengan NICEPAY?

  •  (Visa, Mastercard, JCB, AMEX, Union Pay).
  •  (ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, dan Teller  seluruh Indonesia).
  •  (Pembayaran tanpa perlu , cocok bagi   tidak mempunyai website atau platform).
  •  (Alfamart & Indomart, tersedia pada lebih dari 20.000 gerai).
  •  (Jenius)
  •  (OVO, DANA, Shopeepay, LinkAja)
  •  (Akulaku, Kredivo, Indodana)
  •  (Pengiriman uang ke banyak rekening tujuan dalam waktu bersamaan dengan mudah karena menggunakan ).
  •  (Scanning kode QR)
  •  (Kartu yang sudah terdaftar pada sistem GPN)





Settlement, Tagihan, Reversal dan Refund



Siapa yang akan mengirimkan dana penyelesaian (Settlement) kepada Merchant?

  akan menerima dana penyesaian dari  sedangkan   akan menerima dana penyelesaian dari  atau  .



Bagaimana cara penyelesaian dana (Settlement) antara NICEPAY dan Merchant?

Jika Settlement model  digunakan  adalah tipe , maka dana transaksi akan langsung masuk ke rekening  yang dimiliki  setelah  sukses dibayarkan.  pun akan menagihkan fee  (dan PPn) kepada  termasuk pemotongan dana penyelesaian lainnya (jika ada)  dikirim oleh  kepada .

Jika Settlement model  digunakan  adalah tipe , maka  akan mewakili  dalam  . Dana penyelesaian  pun akan diterima oleh  dari  dan sudah dipotong fee (dan PPn) oleh  dan dana tersebut sudah menjadi hak  sepenuhnya untuk digunakan.



Bagaimana cara memeriksa tagihan dari NICEPAY atas transaksi mana saja?

  1. Masuk ke  .
  2.   Settlement.
  3.  Settlement Report.
  4.  Data Type, yaitu Settlement Data dan Date, yaitu satu bulan dari tanggal satu sampai akhir bulan.
  5.   Excel Detail.
  6. File Excel akan terunduh berisi rincian   dipotong fee (dan PPn).


Bagaimana cara memeriksa rincian transaksi atas dana penyelesaian yang diterima hari ini dari NICEPAY?

  1. Masuk ke  .
  2.   Settlement.
  3.  Settlement Report.
  4.  Data Type, yaitu Settlement Data dan Date, yaitu hari ini.
  5.   Excel Detail.
  6. File Excel akan terunduh berisi rincian   dipotong fee (dan PPn).


Kapan akan diterima dana penyelesaian dari NICEPAY atas transaksi yang terjadi hari ini?

Pengiriman dana penyelesaian tergantung pada . Biasanya dilaksanakan dalam hari kerja.

Untuk  lebih rinci dapat masuk ke  .

  1.   Profile.
  2.  Merchant Data.
  3.  jendela Service Info dan pilih nya, misalnya VA.
  4. Cari kolom Settlement Period. Informasi pada kolom Settlement Period itu adalah berapa lama dana penyelesaian akan dikirimkan.


Bank apa saja yang bisa digunakan untuk menerima dana penyelesaian dari NICEPAY?

Semua  bisa digunakan.  membebaskan biaya kirim dana penyelesaian jika   dipilih, yaitu:

  •  Mandiri,  BCA,  BNI,  CIMB,  BRI,  Danamon,  Hana,  Syariah Mandiri, dan  Maybank.
  • Di luar  tersebut akan dikenakan biaya per transfer sebesar IDR 5.000 untuk SKN (di bawah IDR 500 juta) atau IDR 30.000 untuk RTGS (di atas IDR 500 juta).


Mengapa bisa terjadi Reversal pembayaran?

Reversal pembayaran biasanya terjadi pada {{meto}} VA (). Hal ini disebabkan karena berhasilnya   VA dengan kondisi seperti dibawah ini:

  1. Nomor VA yang sudah expired
  2. Menggunakan nomor VA yang sudah terbayar dan dibayar lagi
  3. Nomor VA yang sudah dibatalkan untuk dibayar





Bagaimana proses pengembalian dana (Refund) setelah settlement di NICEPAY?

Untuk tipe  , di mana akun  secara legalitas terhubung langsung dengan  dan menerima dana  langsung dari , maka apabila terdapat refund, pada umumnya dana akan dipotong otomatis oleh pihak .

Namun untuk tipe  , di mana dana   akan diterima melalui , maka tim  akan memberikan  untuk dilakukan pemotongan dana refund kepada  sesuai dengan perjanjian  telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Apabila jumlah tagihan refund melebihi dari jumlah dana  akan diselesaikan (to be settled), maka tagihan refund akan diteruskan menuju siklus  terdekat berikutnya. Sehingga, tidak akan ada dana   diterima oleh  sampai jumlah tagihan refund tersebut terlunasi.



Metode Pembayaran

Proses Pengembalian Dana (Refund)

 ,,  ,, dan 

Inisiasi pengembalian dana dapat dilakukan langsung oleh  melalui   milik  ataupun menggunakan  Cancel yang tersedia.

Pengembalian dana akan di oleh instansi terkait seperti  atau  sehingga dana refund akan langsung diterima oleh  

 dan 

Tidak ada  Refund



Berapa lama uang akan kembali ke Pelanggan setelah saya melakukan Refund?

Terdapat perbedaan waktu  dibutuhkan untuk melakukan pengembalian uang kepada  setelah  Refund dilakukan. Waktu pengembalian dana pada  Refund bergantung sesuai   dipilih pada saat ber .

Metode Pembayaran

Jangka Waktu Pengembalian Dana

 dan 

7-14 hari kerja

, , dan 

1-3 hari kerja



14-30 hari kerja

 dan 

Tidak ada proses Refund



Kapan pengembalian dana ditransfer ke Merchant?

Dikirim bersamaan dengan dana penyelesaian.  periksa ke pertanyaan pemeriksaan rincian  atas dana penyelesaian  diterima hari ini oleh .



Apakah terdapat biaya yang harus dibayar pada transaksi Refund atau Chargeback?

Tidak ada.  tidak membebankan biaya tambahan pada  Refund.





Keamanan & Pencegahan Penipuan



Apakah menggunakan jasa pembayaran NICEPAY aman?

 adalah salah satu jasa   mempunyai standar keamanan dan  pencegahan penipuan terkini. Kami juga mengimplementasikan beberapa teknik deteksi pencegahan  Fraud  didukung oleh FDS (Fraud Detection System) dan tim Risk Management untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi melalui .



Sejauh mana NICEPAY menjaga keamanan informasi Pelanggan?

Sebagai penyedia jasa ,  telah memliki sertifikasi keamanan data  PCI DSS (Payment Card Industry – Data Security Standard) tingkat 1, yaitu tingkat tertinggi standar keamanan data  , pemegang kartu baik , ATM, Debit, maupun e-money. Sertifikasi ini membuktikan bahwa  berkomitmen dan patuh pada standar keamanan ekosistem pemrosesan kartu dan termasuk perangkat-perangkat di dalamnya.



Saya mengalami tindakan penipuan dari seseorang atau oknum melalui transaksi menggunakan NICEPAY, bagaimana saya melapor hal tersebut?


  • Data  (nama, email, alamat lokasi, jumlah , nomor telepon).
  • Bukti  (struk , invoice, dll).
  • Kronologi penipuan.
  • Pelaporan pengaduan kepada  atau instansi terkait.
  • Pelaporan kepolisian.


Bagaimana jika Merchant menemukan atau menerima pelaporan penipuan?

Berikut cara-cara  mungkin dapat berguna dilakukan di sisi :

  • Pastikan untuk menganalisa  dengan rinci dari mulai  pengguna, karakter pengguna, jenis barang pembelian, jenis   digunakan, riwayat  dan lain-lain.
  • Apabila terdapat kemungkinan mengarah pada  penipuan, blokir akun pengguna segera untuk mengindari pengulangan . Apabila masih memungkinkan dapat menahan proses pengiriman barang kepada alamat tujuan.
  •  ke dalam daftar hitam/blacklist, seperti: Nama Pengguna, Email ID, Nomor , ID perangkat, dan lain-lain.
  • Demi keamanan, jangan memberikan  rahasia kepada pihak luar tanpa ada perintah tertulis. Contoh: Surat kepolisian atau instansi  berwenang.
  • Lakukan pembenahan teknis dan non-teknis serta menutup celah-celah  dapat digunakan penipu sebagai sasaran tindak kejahatan.
  • Selalu terbuka untuk bekerja sama dengan pihak terkait, contoh:  Gateway (), , regulator, dan lain-lain untuk dapat bertukar  umum mengenai tindakan penipuan terkini  umumnya terjadi pada industri  sama.


Apa yang perlu dilakukan terdapat sanggahan dari Pelanggan atau Bank (Dispute)?

Sanggahan atau  biasa dikenal dengan Dispute adalah hal  umum terjadi pada  online menggunakan . Ini terjadi karena  online dilakukan tanpa adanya kegiatan verfikasi secara fisik untuk melihat keaslian . Sehingga,  memberikan kesempatan untuk melakukan  mediasi antara pemilik kartu dan pedagang () untuk membuktikan apakah kedua belah pihak telah melakukan kegiatan jual-beli semestinya. Oleh karena itu, apabila  mendapatkan laporan sanggahan, berikut langkah  perlu dilakukan:

  • Memberikan rincian   selengkap mungkin, contoh:  pengguna, alamat rumah, alamat billing, rincian pengiriman barang, invoice, dan lain-lain.
  • Apabila perlu, dapat mengirimkan dalam bentuk file gambar untuk memperkuat dokumen.
  • Menyertakan TNC, disclaimer atau ketentuan-ketentuan  pada .
  • Membuktikan bahwa  telah menggunakan perlindungan keamanan tambahan seperti fasilitas 3Ds, OTP (One Time Password), dan lain-lain.


Apa yang terjadi jika sanggahan tersebut menjadi Chargeback dan biaya apa saja yang akan ditanggung?

Chargeback terjadi apabila pihak Principal di mana Visa atau Mastercard menyatakan seluruh dokumen yang diberikan  tidak dapat mendukung sanggahan  dilakukan oleh pemegang kartu.

Apabila terdapat Chargeback,  harus membayar atau mengembalikan sejumlah   disanggah tersebut kepada pemegang . Namun dalam hal ini, tidak ada biaya tambahan lain  dibebankan oleh  kepada .





Payment Link



Bagaimana cara membuat Payment Link?

 mengunjungi  Payment Link untuk mengetahui  lengkap mengenai .





Asuransi Qoala



Mengapa harus membeli Asuransi Kecelakaan Diri melalui NICEPAY?

 dapat menghemat waktu karena pembelian dilakukan bersamaan dengan , selain itu harga untuk polis  asuransi kecelakaan diri relatif murah Rp1.000 dan perlindungan sampai dengan 30 hari.

 dan Qoala berkomitmen untuk menyediakan inovasi baru dalam rangka meningkatkan kepuasan  dan sebagai nilai tambah bagi para pengguna dan di sisi lain memperluas akses asuransi  sesuai dengan kebutuhan masyarakat.



Berapa waktu yang dibutuhkan untuk proses klaim pertama kali?

Proses pengajuan dan  klaim akan dilakukan dalam maksimal 30 hari kerja sejak pembelian asuransi dan di sejak dokumen klaim sudah lengkap.



Berapa batas waktu pengajuan atau pelaporan klaim?

Batas pengajuan atau pelaporan klaim maksimal 15 hari kerja sejak tanggal kecelakaan atau suatu kejadian.



Apa saja kondisi asuransi yang telah berakhir?

  1. Pertanggungan dibatalkan baik oleh Qoala atau Perusahaan Asuransi maupun .
  2. Tanggal dimana  mengajukan pembatalan asuransi.
  3. Tanggal  meninggal dunia.


Apakah uang premi asuransi dapat di refund?

Jika  sudah membeli premi asuransi, uang tersebut tidak dapat di refund.