FAQ Operasi Bisnis NICEPAY
Pada prinsipnya, semua jenis kategori dapat menggunakan selama tidak dilarang oleh Undang–undang yang berlaku, Regulator, , atau Principal (contoh: Visa dan Mastercard, Indonesia, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan lain-lain). Kami mengikuti standar ditetapkan oleh pihak-pihak tersebut demi kenyaman dan dengan pihak .
Selain fitur lengkap dan biaya yang bersahabat, kami sangat berkomitmen untuk mengutamakan pelayanan dapat diandalkan, ramah, dan siap melayani kebutuhan dengan memberikan response dan cepat. Kami juga memiliki perwakilan staf IT, Bisnis, dan Operasional ditugaskan kepada masing-masing secara eksklusif untuk dapat berkomunikasi apabila ada kendala, permintaan, atau hal lain, sehingga memudahkan operasional .
Dalam hal keamanan bertransaksi, juga memiliki dan tim khusus untuk mendeteksi potensi kecurangan dapat mengurangi potensi kerugian pada bisnis . Nikmati pengalaman terbaik menggunakan jasa .
Skala bisnis saya masih kecil dan belum ada legalitas perusahaan (PT), apakah tetap bisa bekerja sama dengan NICEPAY?
Tentu bisa, kami menyediakan fasilitas kerja sama secara , yaitu pendaftaran akan didaftarkan ke melalui perantara kami, sehingga /pengiriman dana akan dibayarkan melalui ke setelah melakukan /.
Untuk tipe kerja sama ini, kami hanya membutuhkan beberapa dokumen dan verifikasi lebih lanjut untuk membantu mulai menerima online.
Sebagai Merchant, kami belum mempunyai situs/aplikasi pribadi untuk Pelanggan bertransaksi atau memesan barang. Apakah tetap dapat menggunakan jasa pembayaran NICEPAY?
Kami telah membantu banyak di seluruh , bahkan dunia. Cakupan kami tidak hanya terpusat di Jakarta atau pulau Jawa. hubungi tim Marketing kami untuk lebih lanjut.
Semua tergantung kelengkapan dokumen diberikan. Pada umumnya, memakan waktu 14 (empat belas) sampai 30 (tiga puluh) hari kerja dari mulai pengajuan, , dan testing sampai dapat bertransaksi di .
- (Visa, Mastercard, JCB, AMEX, Union Pay).
- Transfer (ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, dan Teller seluruh Indonesia).
- (Pembayaran tanpa perlu , cocok bagi tidak mempunyai website atau platform).
- (Alfamart & Indomart, tersedia pada lebih dari 20.000 gerai).
- (Jenius)
- (OVO, DANA, Shopeepay, LinkAja)
- (Pengiriman uang ke banyak rekening tujuan dalam waktu bersamaan dengan mudah karena menggunakan ).
akan menerima dana penyesaian dari sedangkan akan menerima dana penyelesaian dari atau .
Jika Settlement model digunakan adalah tipe , maka dana akan langsung masuk ke rekening setelah selesai. Oleh karena itu, akan menagihkan fee (dan PPn) ke atau memotong dari dana penyelesaian lainnya (jika ada) dikirim oleh kepada .
Jika Settlement model digunakan adalah tipe , maka akan mewakili dalam . Dana penyelesaian diterima oleh dari sudah dipotong fee (dan PPn) oleh dan menjadi hak sepenuhnya.
- Masuk ke .
- Settlement.
- Settlement Report.
- Data Type, yaitu Settlement Data dan Date, yaitu satu bulan dari tanggal satu sampai akhir bulan.
- Excel Detail.
- File Excel akan terunduh berisi rincian dipotong fee (dan PPn).
Bagaimana cara memeriksa rincian transaksi atas dana penyelesaian yang diterima hari ini dari NICEPAY?
- Masuk ke .
- Settlement.
- Settlement Report.
- Data Type, yaitu Settlement Data dan Date, yaitu hari ini.
- Excel Detail.
- File Excel akan terunduh berisi rincian dipotong fee (dan PPn).
Pengiriman dana penyelesaian tergantung pada . Biasanya dilaksanakan dalam hari kerja.
Untuk lebih rinci dapat masuk ke .
- Profile.
- Merchant Data.
- jendela Service Info dan pilih nya, misalnya VA.
- Cari kolom Settlement Period. Informasi pada kolom Settlement Period itu adalah berapa lama dana penyelesaian akan dikirimkan.
Semua bisa digunakan. membebaskan biaya kirim dana penyelesaian jika dipilih, yaitu:
- Mandiri, BCA, BNI, CIMB, BRI, Danamon, Hana, Syariah Mandiri, dan Maybank.
- Di luar tersebut akan dikenakan biaya per transfer sebesar IDR 5.000 untuk SKN (di bawah IDR 500 juta) atau IDR 30.000 untuk RTGS (di atas IDR 500 juta).
Pengembalian dana biasanya terjadi untuk metode rekening virtual (). Terjadi karena kode sudah expired, lebih dari satu kali, dan kode sudah dibatalkan namun terbayar.
Untuk tipe , di mana secara legalitas terhubung langsung dengan dan menerima dana langsung dari , maka apabila terdapat Chargeback, pada umumnya dana akan dipotong otomatis oleh pihak .
Namun untuk tipe , di mana ID terdaftar melalui , maka tim akan memberikan untuk dilakukan pemotongan dana kepada sesuai dengan perjanjian telah disepakati oleh kedua belah pihak.
Metode Pembayaran | Proses Pengembalian Dana (Refund) |
dan | Pengembalian dana dilakukan oleh kepada melalui Dashboard atau |
, , , dan | Pengembalian dana dilakukan langsung oleh kepada |
dan | Tidak ada proses Refund |
Terdapat perbedaan waktu dibutuhkan untuk melakukan pengembalian uang kepada setelah Refund dilakukan. Waktu pengembalian dana pada Refund bergantung sesuai dipilih pada saat bertransaksi.
Metode Pembayaran | Jangka Waktu Pengembalian Dana |
dan | 7-14 hari kerja |
, , dan | 1-3 hari kerja |
| 14-30 hari kerja |
dan | Tidak ada proses Refund |
Dikirim bersamaan dengan dana penyelesaian. periksa ke pertanyaan pemeriksaan rincian atas dana penyelesaian diterima hari ini oleh .
Tidak ada. tidak membebankan biaya tambahan pada Refund.
adalah salah satu jasa mempunyai standar keamanan dan pencegahan penipuan terkini. Kami juga mengimplementasikan beberapa teknik deteksi pencegahan Fraud didukung oleh FDS (Fraud Detection System) dan tim Risk Management untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi melalui .
Sebagai penyedia jasa , telah memliki sertifikasi keamanan data PCI DSS (Payment Card Industry – Data Security Standard) tingkat 1, yaitu tingkat tertinggi standar keamanan data , pemegang kartu baik , ATM, Debit, maupun e-money. Sertifikasi ini membuktikan bahwa berkomitmen dan patuh pada standar keamanan ekosistem pemrosesan kartu dan termasuk perangkat-perangkat di dalamnya.
Saya mengalami tindakan penipuan dari seseorang atau oknum melalui transaksi menggunakan NICEPAY, bagaimana saya melapor hal tersebut?
- Data (nama, email, alamat lokasi, jumlah , nomor telepon).
- Bukti (struk , invoice, dll).
- Kronologi penipuan.
- Pelaporan pengaduan kepada atau instansi terkait.
- Pelaporan kepolisian.
Berikut cara-cara mungkin dapat berguna dilakukan di sisi :
- Pastikan untuk menganalisa dengan rinci dari mulai pengguna, karakter pengguna, jenis barang pembelian, jenis digunakan, riwayat dan lain-lain.
- Apabila terdapat kemungkinan mengarah pada penipuan, blokir akun pengguna segera untuk mengindari pengulangan . Apabila masih memungkinkan dapat menahan proses pengiriman barang kepada alamat tujuan.
- ke dalam daftar hitam/blacklist, seperti: Nama Pengguna, Email ID, Nomor , ID perangkat, dan lain-lain.
- Demi keamanan, jangan memberikan rahasia kepada pihak luar tanpa ada perintah tertulis. Contoh: Surat kepolisian atau instansi berwenang.
- Lakukan pembenahan teknis dan non-teknis serta menutup celah-celah dapat digunakan penipu sebagai sasaran tindak kejahatan.
- Selalu terbuka untuk bekerja sama dengan pihak terkait, contoh: Gateway (), , regulator, dan lain-lain untuk dapat bertukar umum mengenai tindakan penipuan terkini umumnya terjadi pada industri sama.
Sanggahan atau biasa dikenal dengan Dispute adalah hal umum terjadi pada online menggunakan . Ini terjadi karena online dilakukan tanpa adanya kegiatan verfikasi secara fisik untuk melihat keaslian . Sehingga, memberikan kesempatan untuk melakukan mediasi antara pemilik kartu dan pedagang () untuk membuktikan apakah kedua belah pihak telah melakukan kegiatan jual-beli semestinya. Oleh karena itu, apabila mendapatkan laporan sanggahan, berikut langkah perlu dilakukan:
- Memberikan rincian selengkap mungkin, contoh: pengguna, alamat rumah, alamat billing, rincian pengiriman barang, invoice, dan lain-lain.
- Apabila perlu, dapat mengirimkan dalam bentuk file gambar untuk memperkuat dokumen.
- Menyertakan TNC, disclaimer atau ketentuan-ketentuan pada .
- Membuktikan bahwa telah menggunakan perlindungan keamanan tambahan seperti fasilitas 3Ds, OTP (One Time Password), dan lain-lain.
Apa yang terjadi jika sanggahan tersebut menjadi Chargeback dan biaya apa saja yang akan ditanggung?
Chargeback terjadi apabila pihak Principal di mana Visa atau Mastercard menyatakan seluruh dokumen yang diberikan tidak dapat mendukung sanggahan dilakukan oleh pemegang kartu.
Apabila terdapat Chargeback, harus membayar atau mengembalikan sejumlah disanggah tersebut kepada pemegang . Namun dalam hal ini, tidak ada biaya tambahan lain dibebankan oleh kepada .
mengunjungi Payment Link untuk mengetahui lengkap mengenai .