Operasi Bisnis
FAQ Operasi Bisnis NICEPAY
47 min
customer service & umum bagaimana cara bergabung atau bekerja sama dengan nicepay? bagaimana cara dan berkomunikasi dengan nicepay? jenis kategori bisnis apa saja yang dapat menggunakan jasa pembayaran nicepay ? pada prinsipnya, semua jenis kategori dapat menggunakan {{nicepay}} selama tidak dilarang oleh undang–undang yang berlaku, regulator, {{bank}} , atau principal (contoh visa dan mastercard, {{bank}} indonesia, ojk (otoritas jasa keuangan) dan lain lain) kami mengikuti standar {{yang}} ditetapkan oleh pihak pihak tersebut demi kenyaman {{bisnis}} dan {{transaksi}} {{anda}} dengan pihak {{pelanggan}} {{anda}} apakah kelebihan nicepay dengan jasa pembayaran yang lain? selain fitur lengkap dan biaya yang bersahabat, kami sangat berkomitmen untuk mengutamakan pelayanan {{yang}} dapat diandalkan, ramah, dan siap melayani kebutuhan {{pelanggan}} dengan memberikan response dan {{informasi}} {{yang}} cepat kami juga memiliki perwakilan staf it, bisnis, dan operasional {{yang}} ditugaskan kepada masing masing {{merchant}} secara eksklusif untuk dapat berkomunikasi apabila ada kendala, permintaan, atau hal lain, sehingga memudahkan {{proses}} operasional {{merchant}} dalam hal keamanan ber {{transaksi}} , {{nicepay}} juga memiliki {{sistem}} dan tim khusus untuk mendeteksi potensi kecurangan {{yang}} dapat mengurangi potensi kerugian pada bisnis {{anda}} nikmati pengalaman terbaik menggunakan jasa {{pembayaran}} {{nicepay}} skala bisnis saya masih kecil dan belum ada legalitas perusahaan (pt), apakah tetap bisa bekerja sama dengan nicepay ? tentu bisa, kami menyediakan fasilitas kerja sama secara {{aggregator}} , yaitu pendaftaran {{merchant}} akan didaftarkan ke {{bank}} melalui perantara kami, sehingga {{proses}} {{settlement}} /pengiriman dana akan dibayarkan melalui {{nicepay}} ke {{merchant}} setelah {{bank}} melakukan {{settlement}} / {{pembayaran}} untuk tipe kerja sama ini, kami hanya membutuhkan beberapa dokumen dan verifikasi lebih lanjut untuk membantu {{merchant}} mulai menerima {{pembayaran}} online sebagai merchant, kami belum mempunyai situs/aplikasi pribadi untuk pelanggan bertransaksi atau memesan barang apakah tetap dapat menggunakan jasa pembayaran nicepay ? bisnis saya berada di luar jakarta atau di luar pulau jawa, apakah bisa bergabung dengan nicepay ? kami telah membantu banyak {{merchant}} di seluruh {{indonesia}} , bahkan dunia cakupan {{bisnis}} kami tidak hanya terpusat di jakarta atau pulau jawa {{silakan}} hubungi tim marketing kami untuk {{informasi}} lebih lanjut berapa lamakah proses pengajuan dari awal sampai merchant dapat bertransaksi? semua tergantung kelengkapan dokumen {{yang}} diberikan pada umumnya, {{proses}} memakan waktu 14 (empat belas) sampai 30 (tiga puluh) hari kerja dari mulai pengajuan, {{integrasi}} , dan testing sampai {{pelanggan}} dapat ber {{transaksi}} di {{merchant}} jenis service atau pembayaran apa saja yang dapat digunakan dalam bekerja sama dengan nicepay ? {{kartukredit}} (visa, mastercard, jcb, amex, union pay) {{va}} (atm, internet banking, mobile banking, sms banking, dan teller {{bank}} seluruh indonesia) {{paymentlink}} (pembayaran tanpa perlu {{integrasi}} , cocok bagi {{merchant}} {{yang}} tidak mempunyai website atau platform ) {{cvs}} (alfamart & indomart, tersedia pada lebih dari 20 000 gerai) {{directdebit}} (jenius) {{ewallet}} (ovo, dana, shopeepay, linkaja) {{payloan}} (akulaku, kredivo, indodana) {{disbursement}} (pengiriman uang ke banyak rekening tujuan dalam waktu bersamaan dengan mudah karena menggunakan {{api}} ) {{qris}} (scanning kode qr) {{gpn}} (kartu yang sudah terdaftar pada sistem gpn) settlement , tagihan, reversal dan refund siapa yang akan mengirimkan dana penyelesaian (settlement) kepada merchant ? {{merchant}} {{aggregator}} akan menerima dana penyesaian dari {{nicepay}} sedangkan {{merchant}} {{fasilitator}} akan menerima dana penyelesaian dari {{bank}} atau {{mitra}} {{pembayaran}} bagaimana cara penyelesaian dana (settlement) antara nicepay dan merchant ? jika settlement model {{yang}} digunakan {{merchant}} adalah tipe {{fasilitator}} , maka dana transaksi akan langsung masuk ke rekening {{bank}} yang dimiliki {{merchant}} setelah {{transaksi}} sukses dibayarkan {{nicepay}} pun akan menagihkan fee {{transaksi}} (dan ppn) kepada {{merchant}} termasuk pemotongan dana penyelesaian lainnya (jika ada) {{yang}} dikirim oleh {{nicepay}} kepada {{merchant}} jika settlement model {{yang}} digunakan {{merchant}} adalah tipe {{aggregator}} , maka {{nicepay}} akan mewakili {{merchant}} dalam {{proses}} {{settlement}} dana penyelesaian {{transaksi}} pun akan diterima oleh {{merchant}} dari {{nicepay}} dan sudah dipotong fee (dan ppn) oleh {{nicepay}} dan dana tersebut sudah menjadi hak {{merchant}} sepenuhnya untuk digunakan bagaimana cara memeriksa tagihan dari nicepay atas transaksi mana saja? masuk ke {{bo}} {{nicepay}} {{pilih}} {{menu}} settlement {{pilih}} settlement report {{pilih}} data type, yaitu settlement data dan date , yaitu satu bulan dari tanggal satu sampai akhir bulan {{klik}} {{tombol}} excel detail file excel akan terunduh berisi rincian {{transaksi}} {{yang}} dipotong fee (dan ppn) bagaimana cara memeriksa rincian transaksi atas dana penyelesaian yang diterima hari ini dari nicepay ? masuk ke {{bo}} {{nicepay}} {{pilih}} {{menu}} settlement {{pilih}} settlement report {{pilih}} data type , yaitu settlement data dan date , yaitu hari ini {{klik}} {{tombol}} excel detail file excel akan terunduh berisi rincian {{transaksi}} {{yang}} dipotong fee (dan ppn) kapan akan diterima dana penyelesaian dari nicepay atas transaksi yang terjadi hari ini? pengiriman dana penyelesaian tergantung pada {{metodebayar}} biasanya dilaksanakan dalam hari kerja untuk {{informasi}} lebih rinci dapat masuk ke {{bo}} {{nicepay}} {{pilih}} {{menu}} profile {{pilih}} merchant data {{klik}} jendela service info dan pilih {{metodebayar}} nya, misalnya va cari kolom settlement period informasi pada kolom settlement period itu adalah berapa lama dana penyelesaian akan dikirimkan bank apa saja yang bisa digunakan untuk menerima dana penyelesaian dari nicepay ? semua {{bank}} bisa digunakan {{nicepay}} membebaskan biaya kirim dana penyelesaian jika {{bank}} {{yang}} dipilih, yaitu {{bank}} mandiri, {{bank}} bca, {{bank}} bni, {{bank}} cimb, {{bank}} bri, {{bank}} danamon, {{bank}} hana, {{bank}} syariah mandiri, dan {{bank}} maybank di luar {{bank}} tersebut akan dikenakan biaya per transfer sebesar idr 5 000 untuk skn (di bawah idr 500 juta) atau idr 30 000 untuk rtgs (di atas idr 500 juta) mengapa bisa terjadi reversal pembayaran ? reversal pembayaran biasanya terjadi pada {{meto}} va ( {{va}} ) hal ini disebabkan karena berhasilnya {{pembayaran}} {{transaksi}} va dengan kondisi seperti dibawah ini n omor va yang sudah expired menggunakan n omor va yang sudah terbayar dan dibayar lagi nomor va yang sudah dibatalkan untuk dibayar bagaimana proses pengembalian dana ( refund ) setelah settlement di nicepay ? untuk tipe {{merchant}} {{fasilitator}} , di mana akun {{merchant}} secara legalitas terhubung langsung dengan {{bank}} dan menerima dana {{settlement}} langsung dari {{bank}} , maka apabila terdapat refund , pada umumnya dana akan dipotong otomatis oleh pihak {{bank}} namun untuk tipe {{merchant}} {{aggregator}} , di mana dana {{settlement}} {{merchant}} akan diterima melalui {{nicepay}} , maka tim {{nicepay}} akan memberikan {{notifikasi}} untuk dilakukan pemotongan dana refund kepada {{merchant}} sesuai dengan perjanjian {{yang}} telah disepakati oleh kedua belah pihak apabila jumlah tagihan refund melebihi dari jumlah dana {{yang}} akan diselesaikan ( to be settled ), maka tagihan refund akan diteruskan menuju siklus {{settlement}} terdekat berikutnya sehingga, tidak akan ada dana {{settlement}} {{yang}} diterima oleh {{merchant}} sampai jumlah tagihan refund tersebut terlunasi metode pembayaran proses pengembalian dana ( refund ) {{kartukredit}} , {{directdebit}} , {{ewallet}} , {{payloan}} , {{qris}} dan {{gpn}} inisiasi pengembalian dana dapat dilakukan langsung oleh {{merchant}} melalui {{merchant}} {{bo}} milik {{nicepay}} ataupun menggunakan {{api}} cancel yang tersedia pengembalian dana akan di {{proses}} oleh instansi terkait seperti {{bank}} atau {{mitra}} sehingga dana refund akan langsung diterima oleh {{pelanggan}} {{merchant}} {{va}} dan {{cvs}} tidak ada {{proses}} refund berapa lama uang akan kembali ke pelanggan setelah saya melakukan refund ? terdapat perbedaan waktu {{yang}} dibutuhkan untuk melakukan pengembalian uang kepada {{pelanggan}} setelah {{proses}} refund dilakukan waktu pengembalian dana pada {{proses}} refund bergantung sesuai {{metodebayar}} {{yang}} dipilih pada saat ber {{transaksi}} metode pembayaran jangka waktu pengembalian dana {{kartukredit}} dan {{gpn}} 7 14 hari kerja {{directdebit}} , {{ewallet}} , dan {{qris}} 1 3 hari kerja {{payloan}} 14 30 hari kerja {{va}} dan {{cvs}} tidak ada proses refund kapan pengembalian dana ditransfer ke merchant? dikirim bersamaan dengan dana penyelesaian {{silakan}} periksa ke pertanyaan pemeriksaan rincian {{transaksi}} atas dana penyelesaian {{yang}} diterima hari ini oleh {{nicepay}} apakah terdapat biaya yang harus dibayar pada transaksi refund atau chargeback ? tidak ada {{nicepay}} tidak membebankan biaya tambahan pada {{transaksi}} refund keamanan & pencegahan penipuan apakah menggunakan jasa pembayaran nicepay aman? {{nicepay}} adalah salah satu jasa {{pembayaran}} {{yang}} mempunyai standar keamanan dan {{sistem}} pencegahan penipuan terkini kami juga mengimplementasikan beberapa teknik deteksi pencegahan {{transaksi}} fraud {{yang}} didukung oleh fds ( fraud detection system ) dan tim risk management untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bertransaksi melalui {{nicepay}} sejauh mana nicepay menjaga keamanan informasi pelanggan? sebagai penyedia jasa {{pembayaran}} , {{nicepay}} telah memliki sertifikasi keamanan data {{informasi}} pci dss ( payment card industry – data security standard ) tingkat 1, yaitu tingkat tertinggi standar keamanan data {{informasi}} {{pelanggan}} , pemegang kartu baik {{kartukredit}} , atm, debit, maupun e money sertifikasi ini membuktikan bahwa {{nicepay}} berkomitmen dan patuh pada standar keamanan ekosistem pemrosesan kartu dan termasuk perangkat perangkat di dalamnya saya mengalami tindakan penipuan dari seseorang atau oknum melalui transaksi menggunakan nicepay , bagaimana saya melapor hal tersebut? data {{transaksi}} (nama, email, alamat lokasi, jumlah {{transaksi}} , nomor telepon) bukti {{transaksi}} (struk {{pembayaran}} , invoice , dll) kronologi penipuan pelaporan pengaduan kepada {{bank}} atau instansi terkait pelaporan kepolisian bagaimana jika merchant menemukan atau menerima pelaporan penipuan? berikut cara cara {{yang}} mungkin dapat berguna dilakukan di sisi {{merchant}} pastikan untuk menganalisa {{transaksi}} dengan rinci dari mulai {{informasi}} pengguna, karakter pengguna, jenis barang pembelian, jenis {{pembayaran}} {{yang}} digunakan, riwayat {{transaksi}} dan lain lain apabila terdapat kemungkinan mengarah pada {{transaksi}} penipuan, blokir akun pengguna segera untuk mengindari pengulangan {{transaksi}} apabila masih memungkinkan dapat menahan proses pengiriman barang kepada alamat tujuan {{masukkan}} ke dalam daftar hitam/ blacklist, seperti nama pengguna, email id, nomor {{kartukredit}} , id perangkat, dan lain lain demi keamanan, jangan memberikan {{informasi}} rahasia kepada pihak luar tanpa ada perintah tertulis contoh surat kepolisian atau instansi {{yang}} berwenang lakukan pembenahan teknis dan non teknis serta menutup celah celah {{yang}} dapat digunakan penipu sebagai sasaran tindak kejahatan selalu terbuka untuk bekerja sama dengan pihak terkait, contoh {{paymentproduct}} gateway ( {{nicepay}} ), {{bank}} , regulator, dan lain lain untuk dapat bertukar {{informasi}} umum mengenai tindakan penipuan terkini {{yang}} umumnya terjadi pada industri {{yang}} sama apa yang perlu dilakukan terdapat sanggahan dari pelanggan atau bank ( dispute )? sanggahan atau {{yang}} biasa dikenal dengan dispute adalah hal {{yang}} umum terjadi pada {{transaksi}} online menggunakan {{kartukredit}} ini terjadi karena {{transaksi}} online dilakukan tanpa adanya kegiatan verfikasi secara fisik untuk melihat keaslian {{kartukredit}} sehingga, {{bank}} memberikan kesempatan untuk melakukan {{proses}} mediasi antara pemilik kartu dan pedagang ( {{merchant}} ) untuk membuktikan apakah kedua belah pihak telah melakukan kegiatan jual beli semestinya oleh karena itu, apabila {{merchant}} mendapatkan laporan sanggahan, berikut langkah {{yang}} perlu dilakukan memberikan rincian {{informasi}} {{transaksi}} selengkap mungkin, contoh {{informasi}} pengguna, alamat rumah, alamat billing , rincian pengiriman barang, invoice, dan lain lain apabila perlu, dapat mengirimkan dalam bentuk file gambar untuk memperkuat dokumen menyertakan tnc, disclaimer atau ketentuan ketentuan {{merchant}} pada {{pelanggan}} membuktikan bahwa {{merchant}} telah menggunakan perlindungan keamanan tambahan seperti fasilitas 3ds, otp ( one time password ), dan lain lain apa yang terjadi jika sanggahan tersebut menjadi chargeback dan biaya apa saja yang akan ditanggung? chargeback terjadi apabila pihak principal di mana visa atau mastercard menyatakan seluruh dokumen yang diberikan {{merchant}} tidak dapat mendukung sanggahan {{yang}} dilakukan oleh pemegang kartu apabila terdapat chargeback , {{merchant}} harus membayar atau mengembalikan sejumlah {{transaksi}} {{yang}} disanggah tersebut kepada pemegang {{kartukredit}} namun dalam hal ini, tidak ada biaya tambahan lain {{yang}} dibebankan oleh {{nicepay}} kepada {{merchant}} payment link bagaimana cara membuat payment link? {{silakan}} mengunjungi {{halaman}} docid\ chpac7d9l0s9a8mai3itc untuk mengetahui {{informasi}} lengkap mengenai {{paymentlink}} asuransi qoala mengapa harus membeli asuransi kecelakaan diri melalui nicepay? {{pelanggan}} dapat menghemat waktu karena pembelian dilakukan bersamaan dengan {{transaksi}} , selain itu harga untuk polis {{produk}} asuransi kecelakaan diri relatif murah rp1 000 dan perlindungan sampai dengan 30 hari {{nicepay}} dan qoala berkomitmen untuk menyediakan inovasi baru dalam rangka meningkatkan kepuasan {{pelanggan}} dan sebagai nilai tambah bagi para pengguna dan di sisi lain memperluas akses asuransi {{yang}} sesuai dengan kebutuhan masyarakat berapa waktu yang dibutuhkan untuk proses klaim pertama kali? proses pengajuan dan {{pembayaran}} klaim akan dilakukan dalam maksimal 30 hari kerja sejak pembelian asuransi dan di {{proses}} sejak dokumen klaim sudah lengkap berapa batas waktu pengajuan atau pelaporan klaim? batas pengajuan atau pelaporan klaim maksimal 15 hari kerja sejak tanggal kecelakaan atau suatu kejadian apa saja kondisi asuransi yang telah berakhir? pertanggungan dibatalkan baik oleh qoala atau perusahaan asuransi maupun {{pelanggan}} tanggal dimana {{pelanggan}} mengajukan pembatalan asuransi tanggal {{pelanggan}} meninggal dunia apakah uang premi asuransi dapat di refund ? jika {{pelanggan}} sudah membeli premi asuransi, uang tersebut tidak dapat di refund