Payment
Payloan

Integrasi & Testing Payloan

16min

Payloan yang digunakan dalam proses integrasi dan testing didukung oleh Akulaku, Kredivo, dan Indodana sebagai Mitra.



Langkah Integrasi & API yang digunakan


  1. Lakukan integrasi API Order Registration.
  2. Lakukan integrasi API Payment Charge.
  3. Menerima callback dan push notification dari NICEPAY.
  4. Lakukan integrasi API Check Status.
  5. Opsional: lakukan integrasi API Cancel untuk membatalkan transaksi.



Kredensial Untuk Tes Payloan



Nama Payloan

Deskripsi

Indodana

Nomor telepon: 62838499610 OTP: 999999 PIN: 123654



Cara Uji Coba Payloan



Nama

Langkah Tes

Aturan dan Kondisi

Akulaku

  1. Menggunakan dan masuk dengan akun asli.
  2. Konfirmasi pembayaran inquiry Anda.
  3. Masukkan PIN Anda.
  4. Masukkan OTP.
  5. Transaksi berhasil.

Melakukan testing dengan amount kecil.

  • Setelah menerima notifikasi sukses, Merchant perlu lakukan API Check Status terlebih dahulu, lalu langkah selanjutnya hit API Confirm Receipt untuk Settlement dana ke sisi Merchant.

Kredivo

  1. Menggunakan dan masuk dengan akun Kredivo.
  2. Konfirmasi pembayaran Anda.
  3. Masukkan OTP.
  4. Transaksi berhasil.
  • Integrasi Kredivo diwajibkan pada setiap Merchant untuk melakukan testing pada dev environment dan melalui proses review pihak Kredivo terlebih dahulu.
  • Melakukan testing dengan amount kecil.
  • Setelah melakukan uji coba pada environment dev, dilanjutkan ke prod environment. Setelah transaksi berhasil, mohon segera dibatalkan.

Indodana

  1. Menggunakan dan masuk dengan akun Indodana.
  2. Konfirmasi rincian transaksi Anda.
  3. Lakukan pembayaran.
  4. Masukkan PIN Anda.
  5. Transaksi berhasil.
  • Integrasi Indodana diwajibkan pada setiap Merchant untuk melakukan testing pada dev environment dan melalui proses review pihak Indodana terlebih dahulu.
  • Melakukan testing dengan amount kecil.



Alasan Peluang Transaksi Gagal


  • Tidak didukung oleh jaringan Issuer.
  • Transaksi ditolak dari Mitra.



Integration Checklist & Test Case



Implementasi status inquiry setelah mendapatkan callback.

Implementasi status inquiry setelah mendapatkan notifikasi di dalam dbProcessUrl.

Meninjau log pembayaran.

Meninjau pengaturan firewall (eg. cloudflare untuk pengaturan dbprocessUrl).

Memeriksa implementasi merchantToken.

Menjalankan tes skenario pada Development Environment.

Menjalankan tes skenario pada Production Environment. Get Sample Scenario

Meninjau Error Handling (Timeout, Failed, Negative Case).



Cart Data



Parameter

Deskripsi

count

Total jumlah keseluruhan cart data

item

Parameter yang berisi rincian cart data

item -> goods_id

ID Barang

item -> goods_detail

Deskripsi Barang

item -> goods_name

Nama Barang

item -> goods_amt

Harga Barang

item -> goods_type

Tipe Barang

item -> goods_url

URL ke Halaman Barang

item -> goods_quantity

Jumlah Barang

item -> goods_sellers_id

ID Penjual

item -> goods_sellers_name

Nama Penjual



Best Practice


  • cartData tidak boleh kosong.
  • Menggunakan MID dev khusus testing Merchant.
  • Pastikan parameter count sesuai dengan jumlah jenis barang. Pastikan goods_sellers_id dan goods_sellers_name diisi sesuai dengan sellers di Registrasi.
  • Ketika notifikasi diterima pada dbProcessUrl Anda, NICEPAY sangat merekomendasikan Merchant untuk melakukan verifikasi notifikasi menggunakan Inquiry API.



See also

Kunjungi halaman Alur Pembayaran Payloan untuk mengetahui proses pada sistem saat melakukan pembayaran dengan Payloan.

Kunjungi halaman Fitur Payloan untuk mengetahui fitur transaksi pada Payloan.

Kunjungi halaman Daftar Istilah Payloan untuk mengetahui istilah khusus yang digunakan oleh Payloan.

Kunjungi halaman FAQ Payloan jika ingin mengetahui pertanyaan yang sering diajukan terkait Payloan.