Operasi Bisnis

Proses Settlement

10min

Overview



Settlement adalah proses pembukuan suatu transaksi & pemindahan dana transaksi dari lembaga finansial (Bank atau NICEPAY) ke perorangan atau perusahaan (Merchant). Dalam praktiknya, terdapat dua tipe settlement model, yaitu Fasilitator dan Aggregator.

Merchant dapat melakukan konversi dana dari dana settlement menjadi saldo payout. Silakan kunjungi halaman Deposit Saldo untuk rincian lebih lanjut.



Tipe Settlement



Pada tipe Fasilitator, dana akan langsung masuk ke rekening Bank Merchant setelah transaksi selesai. Dalam skenario ini, Bank akan mewakili Merchant untuk melakukan pembukuan transaksi yang sudah selesai dan akan melakukan proses rekonsiliasi dengan NICEPAY untuk validasi data, memotong biaya layanannya serta biaya layanan NICEPAY sebagai payment gateway.

Settlement - Facilitator
Settlement - Facilitator


Pada tipe Aggregator, NICEPAY akan melakukan Settlement dana melalui rekening Bank NICEPAY setelah transaksi selesai. Dalam skenario ini, NICEPAY akan mewakili Merchant dalam proses Settlement termasuk pemotongan biaya layanan dari NICEPAY dan Bank yang bersangkutan. Merchant akan menerima jumlah dana transaksi yang sudah terpotong tersebut dari NICEPAY pada rekening Bank pilihannya.

Settlement - Aggregator
Settlement - Aggregator




Waktu Settlement



Waktu Settlement biasanya berbeda-beda dari satu lembaga ke lainnya. Hal tersebut tergantung dari metode Settlement yang dipakai, metode pembayaran serta Bank ataupun Partner-nya. Berikut perbedaan waktu Settlement dari masing-masing metode pembayaran.

Metode Pembayaran

Mitra

Tipe Settlement

Durasi

Kartu Kredit

Visa, Mastercard, JCB, American Express untuk Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI

Fasilitator, Aggregator

H+3 pada hari kerja

Virtual Account

BCA

Fasilitator (BCA), Aggregator (ALTO)

H+1 pada hari kerja

Virtual Account

BRI, Mandiri, BNI, Permata, Maybank, KEB Hana, CIMB Niaga, Danamon, Permata Syariah, BJB, BNC, Bank DKI

Fasilitator, Aggregator



Aggregator saja (CIMB, BNC, Bank DKI)

H+3 pada hari kerja

Virtual Account

ATM Bersama, Prima, Alto

Fasilitator. Aggregator

H+3 pada hari kerja

Convenience Store

Indomaret

Aggregator

H+5 pada hari kerja

Convenience Store

Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, Lawson)

Aggregator

H+7 pada hari kerja

Direct Debit

JeniusPay

Aggregator

H+2 pada hari kerja

E-Wallet

OVO, Dana, ShopeePay, LinkAja, dan AstraPay

Aggregator

H+3 pada hari kerja

Payloan

Kredivo

Fasilitator

Setiap hari Selasa & Jumat

Payloan

Akulaku Paylater

Aggregator

H+4 pada hari kerja

Payloan

Indodana

Aggregator

H+3 pada hari kerja

QRIS

Semua tipe QR yang sudah terintegrasi dengan QRIS

Aggregator

H+2 pada hari kerja

GPN

BNI, BTN

Aggregator



H+3 pada hari kerja



Same Day Settlement (Instant Settlement)



Same Day Settlement atau disebut juga dengan SDS merupakan fitur inovasi terbaru NICEPAY dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mendapatkan dana hasil transaksi dengan waktu relatif cepat yaitu H+0.

Silakan menghubungi Tim Sales atau Tim Customer Service kami melalui e-mail untuk mengaktifkan fitur SDS.




Cut-Off

Cut-Off adalah proses pencatatan waktu transaksi dari Bank yang akan di-stop atau di-pending.

Metode Pembayaran

Nama Bank/Mitra

Waktu Layanan

Catatan

Kartu Kredit



22:00 - 24:00

  • Settlement Kartu Kredit mengikuti waktu batch Settlement antara pukul 22:00 hingga 24:00
  • Settlement berlaku untuk transaksi Sale/Purchase, Refund, dan Capture
  • Laporan Settlement dapat dilihat dan diunduh melalui dashboard Merchant

E-Wallet

OVO

23:59



Payout

BCA

  • 20:50 WIB - 02:00 WIB
  • 20:50 WIB - 04:00 WIB
  • Senin - Sabtu dan Minggu - Senin
  • Sabtu = Minggu

Payout

BRI

22:00 WIB - 23:20 WIB

Setiap hari

Payout

DBS

23:00 WIB - 00:00 WIB

Setiap hari

Payout

Bank lain

Tidak terdapat waktu terjadwal

Mengikuti jadwal Bank



Keuntungan dan Kekurangan



Tipe Settlement

Keuntungan

Kekurangan

Fasilitator

  • Proses on-boarding lebih cepat dan fokus hanya pada satu Mitra
  • Cocok untuk bisnis ukuran menengah hingga besar
  • Menyediakan MID khusus untuk Merchant dan cabang Merchant
  • Membutuhkan rekening khusus untuk Mitra yang diajak bekerja sama

Aggregator

  • Tidak perlu membuka rekening Bank lain
  • Dapat menggunakan berbagai macam metode pembayaran dalam satu sistem
  • Cocok untuk bisnis ukuran kecil hingga menengah
  • Menggabungkan MID untuk Merchant dan cabang Merchant



See also

Kunjungi halaman Reconcile untuk mengetahui cara memeriksa data transaksi terkait operasi bisnis Merchant.

Kunjungi halaman Cancel Payment untuk mengetahui cara membatalkan transaksi dalam sistem NICEPAY.

Kunjungi halaman Invoice & Receipt untuk mengetahui informasi terkait bukti pembayaran dalam operasi bisnis Merchant.

Kunjungi halaman Pajak untuk mengetahui informasi terkait pajak dalam operasi bisnis Merchant.



Updated 05 Apr 2024
Did this page help you?
Yes
No