Payment
QRIS

FAQ QRIS

13min

Apa perbedaan pembayaran menggunakan E-Wallet dan QRIS?

Pembayaran dengan E-Wallet membuat Pengguna bergantung pada notifikasi yang masuk pada aplikasi E-Wallet untuk melakukan proses pembayaran. Pembayaran dengan QRIS mengharuskan Pengguna untuk memindai QR yang diberikan oleh Merchant untuk melakukan proses pembayaran.



Apakah QRIS ShopeePay hanya menerima pembayaran melalui aplikasi Shopee saja?

Meskipun NICEPAY menggunakan QRIS ShopeePay, namun Merchant dapat menerima pembayaran dari Partner QRIS lain yang mendukung pembayaran dengan QRIS.



Apakah Turis dapat membayar menggunakan QRIS?

Aplikasi turis yang telah mengadopsi standar EMVCo dapat menggunakan QRIS di semua Merchant yang sudah menggunakan QRIS.



Mengapa transaksi menggunakan QRIS dapat gagal?

  1. Salah memindai QR pada aplikasi ShopeePay.
  2. Pesanan tidak sesuai.
  3. Transaksi sudah kedaluwarsa.
  4. Sinyal provider terputus saat sedang melakukan transaksi.
  5. Background QR warna hitam sehingga tidak dapat dipindai.


Bagaimana cara Merchant mengecek transaksi yang sudah berhasil dibayarkan dengan QRIS?

Merchant dapat melihat riwayat transaksi dalam jangka waktu tertentu melalui Merchant Back Office pada:



Apa yang dimaksud dengan Settlement?

Settlement adalah proses pembukuan suatu transaksi & pemindahan dana transaksi dari lembaga finansial (Bank atau NICEPAY) ke suatu individu atau perusahaan yang dalam kasus ini akan disebut sebagai Merchant.

Silakan kunjungi halaman Proses Settlement untuk informasi lebih lanjut.



Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses Settlement QRIS?

H+2 pada hari kerja.



Apakah pembayaran dengan QRIS terdapat proses refund pada Merchant Back Office?

Merchant Back Office NICEPAY tidak menyediakan proses refund untuk pembayaran dengan QRIS . Saat ini untuk melakukan proses refund hanya bisa dilakukan menggunakan API yang disediakan oleh NICEPAY untuk Merchant.

Apabila ada refund, Pelanggan dapat melakukan proses refund dengan menghubungi Merchant atau Partner terkait untuk melakukan proses refund.



Mengapa proses refund dapat gagal?

  • Pengajuan refund ditolak oleh Mitra.
  • Pengajuan refund tidak sesuai dengan ketentuan Merchant.


Bagaimana cara Merchant mendapatkan shopId sebelum melanjutkan proses test production?

Merchant dapat konfirmasi ke PIC MA atau IT Integrator terkait.



Berapa lama batas waktu pembayaran QRIS?

Default 5 menit batas waktu bayar QRIS.



Apakah API Checkout support QRIS?

Untuk saat ini API Checkout belum support pembayaran QRIS.