Payment
Virtual Account (VA)

FAQ VA

21min

Mengapa transaksi menggunakan Virtual Account dapat gagal?

  1. Nomor VA / nomor tagihan tidak ditemukan.
  2. Kode perusahaan tidak terdaftar.
  3. Memasukkan nomor VA salah.
  4. Waktu sudah habis sehingga nomor VA sudah tidak bisa digunakan.
  5. Pembayaran dengan nomor VA berhasil tetapi terkena timeout dari .


Bagaimana cara Merchant mengecek transaksi yang sudah berhasil dibayarkan dengan Virtual Account?

 dapat melihat riwayat dalam jangka waktu tertentu melalui Merchant Back Office pada:



Apa yang dimaksud dengan Settlement?

 adalah pembukuan suatu pemindahan dana dari lembaga finansial ( atau ) ke suatu individu atau perusahaan dalam kasus ini akan disebut sebagai .

 kunjungi Proses Settlement untuk lebih lanjut.



Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses Settlement Virtual Account?

 kunjungi Proses Settlement untuk lebih lanjut.



Apakah terdapat proses refund pada Merchant Back Office pembayaran dengan Virtual Account?

Merchant Back Office tidak menyediakan refund untuk dengan . dapat melakukan refund dengan menghubungi untuk melakukan refund.



Apakah untuk VA Fix bisa close amount?

Bisa, menyediakan tipe VA Fixed dengan close amount, yaitu Fixed Close.



Kapan Merchant menerima notif?

 akan menerima setelah berhasil.



Mengapa Merchant tidak menerima notif?

Mohon pastikan URL notif yang digunakan apakah valid atau tidak.

  • Jika valid, mohon pastikan apakah menggunakan firewall.
  • Jika menggunakan firewall, mohon Whitelist IP terlebih dahulu.


Apa yang harus dilakukan jika notif terganggu sehingga Merchant tidak menerima notif?

 menghubungi pihak agar dapat dibantu untuk mengirimkan ulang .



Apa yang harus dilakukan jika VA Mandiri yang akan dibayarkan mengalami gangguan sehingga VA gagal untuk dibayar?

Mohon dipastikan penyedia jasa apakah sesuai dengan prefix digunakan.

  •  - 88049
  • Transferpay - 70014


Berapa maksimal digit untuk membuat tipe VA Fix?

Maksimal 8 digit.



Apakah expired date dan expired time VA bisa diatur oleh Merchant?

Bisa, dapat mengatur melalui parameter vacctValidDt dan vacctValidTm untuk penyesuaian waktu kedaluwarsa VA.



Apa yang harus dilakukan jika VA yang sudah dibayarkan namun status transaksi masih unpaid?

 bisa melakukan pengajuan kepada pihak , apakah tersebut ingin dilakukan FLAGGING MANUAL ( sukses secara manual) atau dilakukan REFUND.



Mengapa saat regist VA mengalami error?

Kendala sering terjadi disebabkan oleh kesalahan pada dikirim.



Apa yang harus dilakukan jika Merchant ingin melakukan simulasi payment ?

 bisa membagikan VA ingin dilakukan kepada pihak , kemudian pihak akan membantu simulasi pada VA tersebut.



Bagaimana cara membuat merchantToken untuk regist VA?

merchantToken dapat dibuat dengan menggunakan kombinasi value pada ( timeStamp+iMid+referenceNo+amt+merchantKey ) dengan SHA256.



Apakah billing data dengan delivery data dapat disamakan?

Bisa, billing data wajib untuk regist sedangkan delivery data bersifat opsional.



Apakah Merchant bisa menggunakan 2 tipe VA? Misal, Merchant ingin menggunakan VA Normal dan VA Fix

Bisa, tetapi membutuhkan 2 ID (MID) untuk kebutuhan tersebut.



Pada VA Fix, apa yang akan terjadi jika Pelanggan melakukan proses checkout pertama (contoh sepatu) namun tidak bayar, kemudian Pelanggan melakukan proses checkout kembali dengan pesanan yang berbeda (contoh baju)?

VA pada checkout pertama tidak dibayarkan akan otomatis berubah menjadi expired saat melakukan checkout kedua.