Payment
Kartu Kredit

FAQ Kartu Kredit

19min

Jenis kartu apa saja yang bisa digunakan pada metode pembayaran Kartu Kredit?

Semua kartu yang berlogo Visa, Mastercard, JCB, dan Amex.



Apa perbedaan pembayaran dengan kartu berlogo GPN dan Kartu Kredit lain?

Kartu Kredit lain bekerja sama dengan American Express, Mastercard, VISA, dan JCB sehingga dapat digunakan untuk transaksi dalam dan luar negeri. Sedangkan kartu berlogo GPN hanya dapat digunakan untuk transaksi dalam negeri saja.

Silakan kunjungi halaman GPN untuk informasi lebih lanjut terkait GPN.



Apakah ada proses autentikasi menggunakan OTP?

Ada, proses tersebut akan diatur sesuai pada MID Merchant.



Apa yang dimaksud dengan kode ECI dalam Kartu Kredit?

Kode ECI merupakan kode status transaksi yang terdapat pada proses 3Ds Authentication digunakan oleh Merchant untuk dapat mengetahui status keberhasilan hasil autentikasi Pelanggan.

Kode ECI (VISA & Principal lain)

Kode ECI (Mastercard)

Deskripsi

05

02

Autentikasi berhasil dan keamanan transaksi kartu dijamin dengan sistem 3D Secure.

06

01

Autentikasi sudah dicoba, namun tidak berhasil karena Bank Issuer atau kartu transaksi tidak terintegrasi dengan sistem 3D Secure.

07

00

Autentikasi tidak berhasil dilakukan karena berbagai faktor seperti kartu transaksi atau penerbit kartu dinilai tidak aman, kendala di Directory Server, kartu tidak terintegrasi dengan sistem 3Ds atau kartu sudah terintegrasi dengan sistem 3Ds tetapi gagal pada proses autentikasi.



Bagaimana proses pembayaran dengan Kartu Kredit?

Silakan kunjungi halaman Alur Pembayaran Kartu Kredit untuk informasi lebih lanjut.



Mengapa transaksi menggunakan Kartu Kredit dapat gagal?

  1. Kartu tidak aktif.
  2. Kartu kedaluwarsa.
  3. Nomor kartu tidak valid.
  4. Tanggal kedaluwarsa tidak valid.
  5. CVV tidak valid.
  6. Jaringan Issuer tidak mendukung.
  7. Limit penggunaan kartu harian sudah mencapai batas.
  8. Kartu Kredit Visa 3Ds.


Bagaimana cara Merchant mengecek transaksi yang sudah berhasil dibayarkan dengan Kartu Kredit?

Merchant dapat melihat riwayat transaksi dalam jangka waktu tertentu melalui Merchant Back Office pada:



Apakah bisa tampilan OTP di Kartu Kredit diperbesar tampilan/teksnya?

Untuk view page OTP Kartu Kredit, tidak dapat diperbesar.



Apa yang dimaksud dengan Settlement?

Settlement adalah proses pembukuan suatu transaksi & pemindahan dana transaksi dari lembaga finansial (Bank atau NICEPAY) ke perorangan atau perusahaan yang akan disebut sebagai Merchant.

Silakan mengecek halaman Proses Settlement untuk informasi lebih lanjut.



Bisakan Merchant melakukan pengaturan agar Pelanggan tidak perlu memasukkan kembali informasi rincian kartu untuk transaksi selanjutnya?

Bisa, fitur Recurring menjadi solusi untuk mendukung kebutuhan Merchant tersebut.



Apakah transaksi Kartu Kredit dapat dilakukan dari luar negeri?

Bisa, apabila sesuai dengan tagline NICEPAY support Kartu Kredit: Visa, Mastercard, JCB, Amex 3D Secured, dan GPN.



Apakah terdapat proses refund pada Merchant Back Office untuk pembayaran dengan Kartu Kredit?

Merchant Back Office NICEPAY menyediakan proses refund untuk pembayaran dengan Kartu Kredit.

Silakan kunjungi halaman Transaction Data untuk informasi lebih lanjut.



Bagaimana cara melakukan proses refund pada Kartu Kredit?

Silakan kunjungi halaman Penyelesaian Transaksi Pada Kartu Kredit untuk informasi lebih lanjut.



Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses Settlement Kartu Kredit?

H+3 pada hari kerja.



Apakah Merchant bisa request blacklist card bin tertentu?

Merchant bisa mengajukan blacklist card bin tertentu.



Apakah Merchant bisa menggunakan Kartu Kredit Recurring Non-CVV?

Tidak bisa. Karena untuk mencegah penipuan, Recurring harus menggunakan CVV.



Apakah ada batas maksimal Merchant bisa melakukan refund payment Kartu Kredit?

Maksimal untuk melakukan Refund Credit Card adalah 90 hari/3 bulan.

Silakan menghubungi tim NICEPAY Customer Service untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait refund pada metode pembayaran Kartu Kredit.