Payment
E-Wallet

FAQ E-Wallet

16min

Apa perbedaan pembayaran menggunakan E-Wallet dan QRIS?

Pembayaran dengan E-Wallet membuat Pengguna bergantung pada notifikasi yang masuk pada aplikasi E-Wallet untuk melakukan proses pembayaran. Pembayaran dengan QRIS mengharuskan Pengguna untuk memindai QR yang diberikan oleh Merchant untuk melakukan proses pembayaran.



Mengapa transaksi menggunakan E-Wallet dapat gagal?

  1. Transaksi terkena waktu kedaluwarsa (expired time).
  2. Jaringan pada sisi Issuer sedang tidak mendukung.
  3. Ditolak oleh pihak Issuer Mitra terkait.
  4. Sinyal provider terputus saat sedang melakukan transaksi.


Bagaimana cara Merchant memeriksa transaksi yang sudah berhasil dibayarkan dengan E-Wallet?

Merchant dapat melihat riwayat transaksi dalam jangka waktu tertentu melalui Merchant Back Office pada:



Apakah terdapat proses refund pada Merchant Back Office untuk pembayaran dengan E-Wallet?

Merchant Back Office NICEPAY menyediakan proses refund untuk pembayaran dengan E-Wallet.

Silakan kunjungi halaman Transaction Data untuk informasi lebih lanjut.



Bagaimana cara melakukan proses refund pada E-Wallet?

Silakan kunjungi halaman Penyelesaian Transaksi Pada E-Wallet untuk informasi lebih lanjut.



Mengapa Pelanggan belum menerima refund?

Waktu layanan refund NICEPAY mengikuti waktu layanan yang sudah ditentukan oleh Mitra (Penyelesaian Transaksi Pada E-Wallet). Apabila Pelanggan masih belum menerima refund setelah melewati ketentuan waktu, silakan hubungi Mitra terkait.



Mengapa proses refund dapat gagal?

  • Pengajuan refund ditolak oleh Mitra.
  • Pengajuan refund tidak sesuai dengan ketentuan Merchant.


Apa yang dimaksud dengan Settlement?

Settlement adalah proses pembukuan suatu transaksi & pemindahan dana transaksi dari lembaga finansial (Bank atau NICEPAY) ke suatu individu atau perusahaan yang dalam kasus ini akan disebut sebagai Merchant.

Silakan kunjungi halaman Proses Settlement untuk informasi lebih lanjut.



Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses Settlement E-Wallet?

H+3 pada hari kerja.



Bagaimana cara Merchant melakukan proses refund E-Wallet melalui Merchant Back Office?

Merchant dapat membantu melakukan proses refund dengan mengikuti panduan pada halaman Transaction Data.



Apa perbedaan callBackUrl dan dbProcessUrl?

  • callBackUrl: berisi tautan untuk kembali ke halaman Merchant, informasi transaksi berhasil atau gagal.
  • dbProcessUrl: berisi destination address untuk melakukan push notification dari NICEPAY kepada Merchant.


Apa yang harus dilakukan oleh Merchant ketika tidak menerima notifikasi dari NICEPAY?

Merchant dapat menghubungi tim IT NICEPAY dan membagikan informasi rincian transaksi untuk dibantu pengiriman notifikasi ulang.



Apakah bisa melakukan hit payment API dari Backend?

Bisa, hanya untuk E-Wallet OVO dan ShopeePay jika request menggunakan returnJson=1.



Apakah bisa menambahkan waktu expired pada E-Wallet?

Tidak bisa, waktu expired berjalan sesuai ketentuan Mitra setelah hit Payment API.

Updated 05 Apr 2024
Did this page help you?
Yes
No