Payment
E-Wallet

Penyelesaian Transaksi Pada E-Wallet

8 min

Settlement



Proses menyelesaikan  antara  dan   dilakukan setelah  melakukan  pesanan kepada  dengan menggunakan . Proses ini bertujuan memberikan  kepada  terkait pendapatan  diterima dengan pembukuan apakah nominal   diterima sesuai pada nominal  tercatat pada .

Terkadang,  mengalami  void atau refund  membuat   tidak berhasil.



Void



Pembatalan  dapat diajukan jika  tersebut sudah melakukan  penuh (full amount)  sudah berhasil dan belum melalui  .

Berikut adalah waktu void dari pihak   bekerja sama dengan .

Nama Layanan

Waktu void

Keterangan

OVO

Di hari yang sama



DANA

Sebelum 24 Jam



ShopeePay

Di hari yang sama



LinkAja

Sebelum 30 Hari



AstraPay

Tidak dapat di-refund





Refund



Refund adalah  pengembalian dana  terjadi atas persetujuan  dan  tanpa adanya sanggahan di antara kedua belah pihak. Setelah  mengajukan refund kepada ,  akan melaporkan  refund kepada . Lalu,  akan mengirimkan dana  akan melalui  refund kepada  agar  dapat melakukan  refund secara manual kepada .

Full Refund

Pengembalian seluruh dana memungkinkan  untuk mengajukan pengembalian dana untuk seluruh belanjaan dari daftar belanja pada  dan mengakomodasi  untuk dapat melakukan pengembalian dana pada  sesuai dengan nominal  diajukan.

Berikut adalah waktu full refund  sudah ditentukan dari pihak   bekerja sama dengan .

Nama Layanan

Waktu Refund

Keterangan

OVO

Different Day = Block



DANA

Lebih 24 jam > Manual Refund



ShopeePay

Different Day < 365 hari = Refund



LinkAja

Lebih 30 hari > Manual Refund



AstraPay

Tidak dapat di-refund



Partial Refund

Pengembalian sebagian dana memungkinkan  untuk mengajukan pengembalian dana untuk barang tertentu dari daftar belanja pada  dan mengakomodasi  untuk dapat melakukan pengembalian dana pada  sesuai dengan nominal  diajukan.

Proses Refund

Proses refund  tidak termasuk  refund untuk OVO.

Proses Refund
Proses Refund

  1.  mengajukan permohonan pengembalian dana kepada .
  2.  mengajukan permohonan pengembalian dana kepada .
  3.  mengajukan permohonan pengembalian dana kepada pihak Acquiring.
  4. Pihak Acquiring mengajukan permohonan pengembalian dana kepada Issuing.
  5. Pihak Issuing mengembalikan dana kepada .
  6. Pihak Issuing melakukan perubahan biaya  perlu dibayarkan pada  .



See also

  Model Bisnis dan Biaya E-Wallet untuk mengetahui bagaimana   selesai.

  Aturan dan Limitasi E-Wallet untuk mengetahui ketentuan khusus .

  Daftar Istilah E-Wallet untuk mengetahui istilah khusus  digunakan oleh .

  FAQ E-Wallet jika ingin mengetahui pertanyaan  sering diajukan terkait .