Payment
E-Wallet

Penyelesaian Transaksi Pada E-Wallet

8min

Settlement



Proses menyelesaikan transaksi antara Merchant dan Bank yang dilakukan setelah Pelanggan melakukan pembayaran pesanan kepada Merchant dengan menggunakan E-Wallet. Proses ini bertujuan memberikan informasi kepada Merchant terkait pendapatan yang diterima dengan pembukuan apakah nominal transaksi yang diterima sesuai pada nominal yang tercatat pada Bank.

Terkadang, Merchant mengalami proses void atau refund yang membuat proses Settlement tidak berhasil.



Void



Pembatalan transaksi dapat diajukan jika transaksi tersebut sudah melakukan pembayaran penuh (full amount) yang sudah berhasil dan belum melalui proses Settlement.

Berikut adalah waktu void dari pihak E-Wallet yang bekerja sama dengan NICEPAY.

Nama Layanan

Waktu void

Keterangan

OVO

Di hari yang sama



DANA

Sebelum 24 Jam



ShopeePay

Di hari yang sama



LinkAja

Sebelum 30 Hari



AstraPay

Tidak dapat di-refund





Refund



Refund adalah proses pengembalian dana yang terjadi atas persetujuan Pelanggan dan Merchant tanpa adanya sanggahan di antara kedua belah pihak. Setelah Pelanggan mengajukan refund kepada Merchant, Merchant akan melaporkan proses refund kepada NICEPAY. Lalu, NICEPAY akan mengirimkan dana yang akan melalui proses refund kepada Merchant agar Merchant dapat melakukan proses refund secara manual kepada Pelanggan.

Full Refund

Pengembalian seluruh dana memungkinkan Pelanggan untuk mengajukan pengembalian dana untuk seluruh belanjaan dari daftar belanja pada Merchant dan mengakomodasi Merchant untuk dapat melakukan pengembalian dana pada Pelanggan sesuai dengan nominal yang diajukan.

Berikut adalah waktu full refund yang sudah ditentukan dari pihak E-Wallet yang bekerja sama dengan NICEPAY.

Nama Layanan

Waktu Refund

Keterangan

OVO

Different Day = Block



DANA

Lebih 24 jam > Manual Refund



ShopeePay

Different Day < 365 hari = Refund



LinkAja

Lebih 30 hari > Manual Refund



AstraPay

Tidak dapat di-refund



Partial Refund

Pengembalian sebagian dana memungkinkan Pelanggan untuk mengajukan pengembalian dana untuk barang tertentu dari daftar belanja pada Merchant dan mengakomodasi Merchant untuk dapat melakukan pengembalian dana pada Pelanggan sesuai dengan nominal yang diajukan.

Proses Refund

Proses refund NICEPAY tidak termasuk proses refund untuk OVO.

Proses Refund
Proses Refund

  1. Pelanggan mengajukan permohonan pengembalian dana kepada Merchant.
  2. Merchant mengajukan permohonan pengembalian dana kepada NICEPAY.
  3. NICEPAY mengajukan permohonan pengembalian dana kepada pihak Acquiring.
  4. Pihak Acquiring mengajukan permohonan pengembalian dana kepada Issuing.
  5. Pihak Issuing mengembalikan dana kepada Pelanggan.
  6. Pihak Issuing melakukan perubahan biaya yang perlu dibayarkan pada Merchant Settlement.



See also

Kunjungi halaman Model Bisnis dan Biaya E-Wallet untuk mengetahui bagaimana transaksi E-Wallet selesai.

Kunjungi halaman Aturan dan Limitasi E-Wallet untuk mengetahui ketentuan khusus E-Wallet.

Kunjungi halaman Daftar Istilah E-Wallet untuk mengetahui istilah khusus yang digunakan oleh E-Wallet.

Kunjungi halaman FAQ E-Wallet jika ingin mengetahui pertanyaan yang sering diajukan terkait E-Wallet.